JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Sudah Penjarakan 4 Orang, Bantuan Alsintan di Sragen Kini Diwanti-wanti Tanpa Pungutan Apapun. Ada 52 Kelompok Penerima, Bupati Yuni: Kalau Mau Sodaqoh, Sodaqohlah ke Warga Tidak Mampu!

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati bersama anggota DPR RI, Hamid Noor Yasin saat memberi sambutan dalam penyerahan bantuan Alsintan di Dinas Pertanian, Senin (21/9/2020). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kasus pungutan liar (pungli) yang sempat dilakukan oknum-oknum makelar terhadap bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) tahun 2017 rupanya membuat Pemkab Sragen geregetan.

Tak ingin kasus serupa terulang, Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati menyerukan dan mewanti-wanti bahwa semua Alsintan diberikan gratis dari pemerintah.

Bantuan alat mesin pertanian itu diberikan tanpa ada pungutan apapun. Karenanya, jika ada oknum yang mencoba memanfaatkan situasi atau menarik pungutan, ia minta kelompok tani (Poktan) berani melapor.

Baca Juga :  Diterjang Banjir, Ratusan Hektar Lahan di Plupuh Sragen Tergenang Mirip Lautan. Jalan Ndari-Karungan Terputus, Puluhan Pengendara Balik Kanan

“Bantuan ini tidak dipungut biaya apapun. Kalau mau sodaqoh, sodaqohlah ke warga tangga panjenengan yang tidak mampu nggih,” papar Bupati saat memberi sambutan dalam penyerahan bantuan Alsintan di Dinas Pertanian Sragen, Senin (21/9/2020).

Kepala Dinas Pertanian Sragen, Ekarini Mumpuni Titi Lestari mengatakan ada 49 alsintan berbagai jenis dan tiga
Unit Pengolah Pupuk Organik (UPPO) yang diserahkan kepada kelompok penerima.

Baca Juga :  Foto-Foto Prosesi Pernikahan Putra Bupati Sragen. Ada yang Berlinang Air Mata..

Bantuan tersebut berasal dari pusat melalui berbagai jalur termasuk jalur aspirasi DPR RI. Bantuan itu diserahkan kepada Poktan di sekitar 17 kecamatan.

Jenisnya bervariasi mulai dari traktor roda dua hingga roda empat. Ia juga menegaskan tidak ada pungutan apapun. Kelompok penerima hanya menyiapkan materai untuk surat pernyataan dan beruta acara serah terima (BAST) saja.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua