JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

UMS Kirimkan Tiga Tim Robotic ke Kontes Robot Indonesia

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengirimkan tiga tim Robotic ke kontes robot Indonesia yang diadakan Ristekdikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Ketiga tim tengah melakukan persiapan maksimal dimana proses seleksi dimulai Sabtu (27/9/2020). Istimewa
madu borneo
madu borneo
madu borneo

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengirimkan tiga tim Robotic ke kontes robot Indonesia yang diadakan Ristekdikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Ketiga tim tengah melakukan persiapan maksimal dimana proses seleksi dimulai Sabtu (27/9/2020).

Menurut Wakil Rektor III UMS, Taufiq Kasturi, UMS mengirimkan Tim Megalodon, Tim Adisha dan TimRR El Ganador yang akan bertarung di masing-masing divisi mereka.

“Yang berbeda dari kontes kali ini karena dilaksanakan secara daring atau online. Sebelum-sebelumnya selalu offline, termasuk seleksi yang dilakukan juga dilakukan secara virtual,” urainya, Jumat (25/9/2020).

Baca Juga :  Pengurus IKA Unpad periode 2020-2024 Dilantik di Gedung Sate Bandung

Tim Megalodon UMS akan berlaga di Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), Tim Adisha berlaga di Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), serta Tim ER El Ganador berlaga di Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTI).

Selain pelaksanaan yang diadakan secara daring, perbedaan juga terjadi pada jenis kategori kompetisi yang semula hanya berfokus pada pemadam kebakaran, tahun ini berhubung adanya pandemi Covid-19 maka tiga sesi lomba tersebut menjadi dua sesi kontes yaitu robot untuk penyemprotan desinfektan dan satu sesi pemadaman kebakaran.

Baca Juga :  Mahasiswa FKIP UNS Raih Juara 1 Desain Poster Nasional

“Meskipun digelar secara virtual, tapi tidak bisa dimanipulasi. Karena untuk satu robot saja akan dishoot atau diambil gambarnya dari berbagai sisi  menggunakan beberapa kamera yang semuanya terkoneksi ke aplikasi Zoom,” imbuh Kasturi. Prihatsari