JOGLOSEMARNEWS.COM Netizen

Viral Video Aksi Pria Bersihkan Saluran Got, Keruk Lumpur dan Sampah Sampai Badan Menghitam. Mengaku Menuai Pujian dan Diapresiasi Wakil Wali Kota Bekasi

Tangkapan layar aksi pria membersihkan saluran got dengan peralatan seadanya yang viral di media sosial. Foto: Instagram/@dkiinfo

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Sebuah video yang memperlihatkan aksi seorang pria tengah membersihkan saluran got menjadi viral di media sosial. Dalam video itu, pria tersebut sampai rela seluruh badannya hitam akibat terkena air kotor dan lumpur got.

Video tersebut banyak diunggah di media sosial Instagram sejak pekan lalu, salah satunya oleh akun @dkiinfo. Melalui akun tersebut diketahui bahwa kejadian dalam video berlokasi di perumahan Pondok Cipta Bintara Bekasi Barat.

Dalam video tampak seorang pria dengan alat seadanya berusaha membersihkan saluran got yang tersumbat sampah dan lumpur. Pria itu bahkan rela seluruh tubuhnya menghitam akibat harus merayap untuk ke got yang rendah dan tergenang lumpur.

Mengutip dari Tribunnews yang melakukan penelurusan, diketahui pria dalam video bernama Deny Kurniawan. Ia bersama tiga orang rekannya memang membuka jasa membersihkan saluran air dan got yang diberi nama Markesot.

Deny mengatakan video yang viral tersebut direkam sekitar awal bulan September lalu di kawasan Perumahan Pondok Cipta Bintara, Bekasi Barat. “Itu waktu saya membersihkan got satu RT yang memang harus ngesot-ngesot,” katanya, Senin (28/9/2020).

Pria pekerja serabutan ini mengaku, dalam kondisi sulit seperti di tengah pandemi Covid-19, dirinya rela melakukan pekerjaan apa saja untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Seperti saat dirinya bersama rekan-rekannya diminta untuk membersihkan got di Perumahan Pondok Cipta Bintara.

“Di perumahan itu ada 80 kepala keluarga (KK). Nah, kita kerja itu ada empat orang, saya punya tim namanya tim Markesot. Semuanya ada rekamannya, cuman yang kesorot di situ saya saja. Semuanya pada nyebur sedangkan yang satu tidak. Kita di sana ngeruk lumpur dan sampah. Sampahnya sebanyak seperti itu di dalam video,” ucap Deny.

Deny melanjutkan, butuh waktu sampai enam hari hingga ia bersama timnya selesai membersihkan got di kawasan tersebut. Sampah dan lumpur yang dikeluarkan dari got kemudian dimasukkan ke dalam karung sebelum kemudian diangkut untuk dibuang.

Meski terlihat mudah, namun Deny mengatakan bahwa pekerjaannya tetap berisiko.

Deny menyebut berbagai macam benda bisa ia temukan dari dalam saluran got yang tersumbat, seperti pecahan beling hingga serangga dan binatang.

“Kita belepotan lumpur dan sampah, baunya ndak karu-karuan ada semua di situ, sampai hitam semua badannya. Waktu ngesot di got juga belut masuk ke dalam celana. Belum lagi hewan lain, seperti kelabang, ular. Malamnya ndak bisa tidur satu ranjang sama istri karena bau got dan gatal-gatal,” kata Deny.

Dari pekerjaannya itu, Deny dan kawan-kawan mendapatkan upah bersih sekitar Rp2,2 juta dari uang yang dikumpulkan secara swadaya oleh masyarakat yang menyewa jasa mereka. Deny mengaku setelah video aksinya di dalam got viral, dirinya mendapatkan pujian dari berbagai pihak.

Bahkan dari pemerintah Kota Bekasi memberikan apresiasi kepadanya. “Kemarin Bapak Wakil Wali Kota Bekasi ke sini ketemu saya dan tim. Beliau juga memberikan apresiasi dan ucapan kepada saya dan tim,” kata warga asli Kampung Muara Kidul RT 3 dan 4 RW 11, Kelurahan Pasir Jaya Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor ini.

www.tribunnews.com

Baca Juga :  Viral Video Mahasiswa Hadiri Wisuda Online sambil Mendampingi Ibunya yang Terbaring Sakit