JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

930 Ibu Hamil di Wonogiri Jalani Test Swab, Syaratnya Sudah Masuki Usia Kehamilan Tri Semester Ketiga Alias Hamil Tua di 7-9 Bulan

Tes swab ibu hamil di Puskesmas Wonogiri 1. Dok. Puskesmas Wonogiri 1
madu borneo
madu borneo
madu borneo

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Hampir seribu ibu hamil di Wonogiri menjalani test swab. Mereka tersebar di 25 kecamatan yang ada di Kota Sukses.

Kepala Dinas Kesehatan Wonogiri Adhi Dharma mengatakan, program tes swab bagi ibu hamil tersebut serentak dilakukan di 25 kecamatan. Sasarannya, ibu hamil yang memiliki usia kandungan 7 hingga 9 bulan atau trisemester ketiga alias hamil tua.

“Program ini dilaksanakan selama lima hari, dan hari ini merupakan hari terakhir,” kata dia, Jumat (2/10/2020).

Tes swab bagi ibu hamil, kata Adhi Dharma, dilakukan Pemkab Wonogiri sebagai upaya untuk persiapan dan perencanaan persalinan. Selain itu untuk menyiapkan agar saat persalinan ibu, bayi dan petugas aman dari paparan virus Corona.

Baca Juga :  Apa yang Terjadi Hingga Elemen Masyarakat Wonogiri Deklarasi Tolak Demo Anarkis, Apa Mau Ada Demo Omnibus Law?

“Ibu hamil yang diswab ini berdasar polling test. Total jumlahnya sebanyak 930 orang,” beber dia.

Terpisah, Kepala UPTD Puskesmas Wonogiri I Pitut Kristiyanta Nugraha kepada wartawan menjelaskan, di wilayah kerjanya, ibu hamil yang diswab hanya 40 orang. Untuk menghindari kerumunan, test swab dilaksanakan di tiga lokasi, meliputi Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Manjung, Pustu Desa Wonoharjo dan Puskesmas Wonogiri I.

Baca Juga :  Razia Masker Digelar di Perbatasan Jateng-Jatim di Kecamatan Puhpelem Wonogiri, Sementara di Ngadirojo Dilaksanakan Hingga Malam Hari, Seperti ini Hasilnya

Puluhan ibu hamil yang diswab dalam kondisi sehat. Saat diperiksa juga tidak dijumpai adanya komorbid lainnya.

Program tes swab tersebut sebagai upaya untuk memutus mata rantai persebaran virus Corona. Menurut, ibu hamil dan bayi dinilai beresiko tinggi atau mudah tertular virus tersebut.

“Sampel tes swab ini nanti kita kirim ke Dinas Kesehatan Wonogiri. Selanjutnya dinas yang mengirim ke laboratorium,” bebernya. Aria