JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Internasional

Presiden AS Donald Trump dan Istrinya Positif Tertular Covid-19, Dokter Gedung Putih Sebut Kondisi Presiden Stabil

Presiden AS Donald Trump dan Ibu Negara AS, Melania Trump. Foto: Reuters via Tempo.co

WASHINGTON DC, JOGLOSEMARNEWS.COM Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan juga istrinya, Melania Trump dinyatakan positif Covid-19. Kabar tersebut diumumkan langsung oleh Trump melalui akun media sosial Twitter miliknya.

“Malam ini, saya dan FLOTUS (Melania Trump) telah dites positif COVID-19. Kami akan mulai menjalani proses karantina dan pemulihan sesegera mungkin. Kita akan melalui ini, bersama!” tulis Donald Trump dalam twit-nya, Jumat (2/10/2020).

Pengumuman itu disampaikan Trump, tak lama setelah penasihat terdekatnya, yang selalu mendampingi setiap kegiatan kepresidenannya, Hope Hicks, juga dinyatakan positif tertular virus corona. Dengan tertularnya Donald Trump, maka tak tertutup kemungkinan lingkaran utama di sekeliling Donald Trump juga tertular virus corona.

Sebagai catatan, dalam beberapa pekan terakhir Trump tengah aktif menghadiri agenda kampanye. Meski sudah diperingatkan oleh ahli medis untuk menghindari event publik, Donald Trump ngeyel dan tetap melanjutkan kegiatannya. Hope Hicks, yang lebih dulu dinyatakan positif, termasuk dalam rombongan kegiatan tersebut.

Baca Juga :  Tambah 2 Warga Positif dan Satu Warga Meninggal, Jumlah Kasus Covid-19 Sragen Hari Ini Capai 768. Pasien Sembuh Tercatat 614 Orang, Jumlah Warga Meninggal Sudah 82 Orang
Twit Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang mengumumkan dirinya dan istrinya positif Covid-19. Foto: Twitter

Selain aktif mengikuti event publik, Donald Trump dan staff-nya juga terlihat hanya sesekali mengenakan masker. Bahkan, Donald Trump kerap menyindir mereka yang mendukung pemakaian masker, termasuk kepada Joe Biden dalam acara Debat Capres AS, yang digelar Selasa (29/9/2020) lalu.

Gedung Putih, dalam pernyataan persnya, mengatakan bahwa reporter dan mereka yang bekerja bersama Donald Trump selalu dites virus Corona secara rutin. Selain itu Trump disebut memperhatikan kesehatan orang-orang di sekitarnya dengan serius.

“Donald Trump memandang kesehatan dirinya, orang-orang di sekitarnya, dan warga Amerika dengan serius, mengikuti panduan Covid-19,” ujar pernyataan pers Gedung Putih.

Sementara itu, Dokter Gedung Putih, Sean Conley, menyatakan bahwa baik Presiden maupun Ibu Negara dalam kondisi stabil. Adapun keduanya akan menjalani proses karantina di kediaman mereka dalam Gedung Putih.

“Saya dan tim medis Gedung Putih akan selalu memantau kondisinya dengan waspada. Saya menghargai support yang diberikan oleh beberapa ahli dan institusi medis terbaik yang dimiliki negeri ini,” ujar Conley, dikutip dari kantor berita CNN, Jumat (2/10/2020).

Baca Juga :  Makin Meroket, Sehari 3 Warga Karanganyar Probabel Covid-19 Kembali Meninggal Dunia. Total Sudah 135 Warga Meninggal Dunia, Jumlah Kasus Positif Capai 715 Orang

Walau Donald Trump tertular Covid-19, Conley memastikan Presiden akan tetap bisa menjalankan tugas kepresidenannya selama menjalani karantina dan selama masa pemulihan. Ia pun menjanjikan bakal terus memberikan perkembangan terbaru jika ada perubahan dalam kondisi Donald Trump dan Melania Trump.

Hingga kini belum jelas apakah proses karantina yang akan dijalani Donald Trump dan Melania Trump bakal mengacu pada panduan Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika (CDC) yang berlangsung setidaknya 14 hari atau dua pekan.

Sumber virus juga belum diketahui. Dikutip dari CNN, diduga Donald Trump, Melania Trump, serta Hope Hicks tertular akibat interaksi dengan simpatisan selama kampanye. Donald Trump dan Hope Hicks terakhir kali menghadiri kampanye publik terkait Pilpres Amerika pada Rabu (30/9/2020) lalu, di Minnesota.

www.tempo.co