JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Angin Kencang Porak-Porandakan Sidoharjo dan Gesi Sragen. Sebanyak 10 Pohon Tumbang Menutup Jalan, Arus Lalu Lintas Sempat Macet Total

Kondisi jalan tertutup pohon tumbang di Sidoharjo, usai diterjang angin kencang, Sabtu (10/10/2020) sore. Foto/Istimewa

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Hujan perdana yang mengguyur Sragen Sabtu (10/10/2020) sore membawa bencana. Hujan deras yang disertai terjangan angin kencang menerjang hingga membuat sejumlah pohon dan fasilitas publik bertumbangan.

Data yang dihimpun di lapangan, angin kencang menerjang bersamaan dengan hujan deras yang mengguyur pukul 15.00 WIB.

Ada dua kecamatan yang dilaporkan paling parah diterjang angin. Yakni Kecamatan Gesi dan Sidoharjo.

Menurut sejumlah warga, angin kencang itu datang bersamaan dengan hujan deras yang mengguyur. Sebelumnya, mendung tebal sudah terlihat sejak pukul 14.00 WIB.

“Lalu hujan turun deras sekali. Bersamaan itu angin kencang datang dan menumbangkan banyak pohon di tepi jalan. Karena deras an anginnya kencang, banyak pengendara yang berhenti. Tadi di depan Optik Pranoto ada pohon yang tumbang ke jalan tapi beruntungnya tidak ada yang melintas,” papar Agus, salah satu pengendara asal Tanon, Sabtu (10/10/2020) petang.

Baca Juga :  Berikut Daftar 11 Warga Sragen Yang Terpapar Positif Covid-19 Hari Ini. Ada Balita 1 Tahun di Masaran, Kasus di Baleharjo, Sukomarto, Gebang, Kliwonan, Banaran Kembali Meledak!

Sekda Sragen, Tatag Prabawanto menyampaikan berdasarkan data yang masuk ke Pemkab, tercatat ada 10 pohon besar tumbang di sejumlah titik.

Di antaranya di jalan Pungkruk-Tanon tepatnya depan kantor BRI unit Sidoharjo, satu pohon besar tumbang. Kemudian di sebelah barat underpass Tol Soker wilayah Sidoharjo, dua pohon besar juga tumbang melintang jalan.

Lantas, di jalan Ring Road Utara tepatnya di Desa Sidoharjo, Kecamatan Sidoharjo, dua pohon juga tumbang menutup jalan.

Tim gabungan dan warga saat mengevakuasi pohon tumbang di Sidoharjo. Foto/Istimewa

Selanjutnya, dua pohon besar juga tumbang di jalan Desa Jetak-Duyungan di Dukuh Gayam, Desa Jetak. Tumbangnya dua pohon trembesi besar itu juga menutup total akses jalan.

Baca Juga :  Kabar Duka Sragen, Ibu Asal Bedoro Sambungmacan dan Satu Warga Ngebung Kalijambe Meninggal Dunia Terpapar Covid-19. Begini Riwayatnya!

Sementara di jalan raya Sapen-Gesi, ada tiga pohon yang tumbang ke jalan. Akibat tumbangnya pohon menutup jalan, akses transportasi dan arus lalu lintas di beberapa lokasi itu sempat terputus total hampir satu jam lebih.

Beruntung, berkat kesigapan tim relawan BPBD dan gabungan relawan lainnya dibantu warga, pohon yang tumbang bisa segera dievakuasi.

Sehingga arus lalu lintas bisa normal kembali sekitar satu setengah jam kemudian.

“Total ada 10 pohon tumbang di lima titik di Sidoharjo dan Gesi. Namun tidak ada korban jiwa. Akses lalu lintas memang sempat tertutup namun kemudian bisa normal kembali selesai evakuasi pukul 17.00 WIB,” terangnya. Wardoyo