JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Bangkitkan Pertumbuhan Pelaku UMKM, Demak Buat Video Promosi

Ilustrasi UMKM. Pexels

DEMAK, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pandemi virus corona atau covid-19 telah menghantam segala lini kehidupan, termasuk tersendatnya pertumbuhan ekonomi.
Untuk itu, berbagai kebijakan strategis dari seluruh Pemerintah Daerah telah digulirkan.

Salah satu upaya yang tengah difokuskan saat ini adalah membangkitkan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Seperti halnya kebijakan strategis yang digulirkan Pemerintah Kabupaten Demak, salah satu di antaranya adalah dengan membuat video promosi, belum lama ini.

Proses pengambilan gambar dilakukan di Taman Samping Pendapa, dengan menghadirkan Bupati Demak, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Demak, dan para pelaku UKM.

Sebanyak 12 orang pelaku UKM terlibat dalam pembuatan video tersebut, antara lain pelaku usaha handycraft kaligrafi, rebana, batik Demak. Untuk usaha olahan makanan hadir Bambwi Jaya yang memproduksi bolen belimbing dan brownis belimbing, Hayati Snack yang memproduksi kripik pisang, rempeyek kacang ijo, rempeyek kacang tanah, serta usaha Kopi Racik Bumbu Arab (KRBA) atau kopi kesehatan.

Baca Juga :  Pengurus PWI Jateng Dilantik. Ganjar Minta Pers Jaga Profesionalisme dan Integritas

Sedangkan, untuk pengambilan gambar, dilakukan di dua tempat, yaitu di dalam pendapa untuk produk handycraft dan di Taman Samping Pendapa untuk produk olahan makanan.

Bupati​ Demak HM Natsir menyampaikan, pembuatan video UKM, untuk menyelamatkan sekaligus membantu UKM dalam mempertahankan dan mengembangkan usahanya. Terlebih, di masa pandemi seperti saat ini.

“Seperti kita ketahui di era pandemi semuanya jadi susah, untuk itu pemkab ikut memfasilitasi kegiatan promosi UMKM agar potensi Demak semakin dikenal luas,” terang bupati.

Baca Juga :  Misteri Menghilangnya Oknum Kades di Gubug Grobogan Terungkap, Menyerahkan Diri setelah 3 Hari Kabur saat Terlibat Perjudian

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Demak Iskandar Zulkarnain berharap, dengan adanya video promosi ini Demak tidak hanya dikenal sebagai wisata religi, namun potensi UKM-nya juga dikenal masyarakat luas.

“Demak itu punya empat sektor unggulan, yaitu pariwisata, UKM, kelautan perikanan dan pertanian. Jadi dengan adanya video promosi ini, potensi UKM Demak dapat lebih dikenal masyarakat, itu harapan kami,” tuturnya.

Pelaku UKM Kopi Racik Bumbu Arab (KRBA), Said Muhammad Alwaini, mengapresiasi pembuatan video tersebut. Dia juga berharap pemerintah dapat mendukung usaha miliknya, dengan memberikan bantuan alat, untuk menaikkan hasil produksi.

“Sehingga dapat dipasarkan ke berbagai wilayah, bukan hanya seputar Demak,” tandasnya. Dina|Satria Utama