JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Terus Gelorakan Budaya Tertib Arsip

Kepala Dinperpusar Kabupaten Demak Heru Prayitno. Istimewa
   

DEMAK, JOGLOSEMARNEWS.COM — Untuk mewujudkan budaya tertib arsip secara optimal, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dinperpusar) Kabupaten Demak melakukan pengawasan kearsipan internal di Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak, belum lama ini.

“Tertib arsip ini dapat dirasakan saat pencarian arsip dapat dengan mudah dan cepat memperolehnya, sehingga pelayanan ke masyarakat sangat cepat dan berkualitas,” jelas Kepala Dinperpusar Kabupaten Demak Heru Prayitno.

Baca Juga :  Mohammad Saleh : Kosgoro 1957 Jawa Tengah Solid Dukung Airlangga Hartarto Pimpin Golkar Kembali

Regulasi penyelenggaraan kearsipan, lanjut Heru, bertujuan untuk menjamin terciptanya arsip, ketersediaan arsip yang autentik dan terpercaya, terwujudnya pengolahan arsip yang andal serta meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang kearsipan.

“Agar tujuan tersebut dapat tercapai, maka penyelenggaraan kearsipan harus sesuai dengan prinsip, kaidah dan standar kearsipan. Untuk menjamin pencipta arsip menyelenggarakan kearsipan maka dilaksanakan pengawasan kearsipan internal,” imbuh Heru.

Pada kesempatan itu, Heru menghimbau pada staf Dinas Pertanian dan Pangan untuk memperbaiki apa yang perlu diperbaiki, mulai dari mengisi kuesioner sebagai panduan untuk mengetahui kondisi kearsipan yang ada, diawali di unit/kearsipan/sekretariat dengan menanyakan bagaimana tata naskah dinas yang diciptakan, beserta bukti arsip/dokumen surat dinas keluar, surat perintah dan nota dinas.

Baca Juga :  Golkar Dorong Pasangan Ahmad Luthfi – Wihaji dalam Pilgub Jateng Nopember Mendatang

“Kemudian bagaimana penataan berkas aktif, penataan arsip inaktif dan penyusutan arsip,” pungkas Heru. Satria Utama

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com