JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Jokowi Ajak Ormas Islam Yakinkan Kehalalan Vaksin Covid-19

Presiden Joko Widodo saat memimpin Sidang Kabinet Paripurna di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa 11 Februari 2020. Foto: tempo.co
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  – Menghadapi pandemi Covid-19, dibutuhkan kerja sama dari semua elemen kemasyarakatan.

Berkaitan dengan hal itu,  Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta beberapa organisasi keagamaan seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI), Nahdlatul Ulama (NU), dan Muhammadiyah ikut menyosialisasikan vaksin Covid-19.

Presiden meminta ketiga organisasi tersebut menjelaskan manfaat vaksin.

“Dan meyakinkan kepada umat mengenai kehalalan dari vaksin ini,” kata Jokowi dalam rapat terbatas di Istana Merdeka, Senin (26/10/2020).

Baca Juga :  Penanganan Kasus Edhy Prabowo oleh KPK, Luhut Titip Pesan: Jangan Berlebihan

MUI misalnya, sudah terlibat mulai dari perencanaan, pengadaan vaksin, pertimbangan kehalalan vaksin, hingga proses audit di pabrik. Wakil Presiden Ma’ruf Amin memastikan MUI akan terus terlibat hingga proses sosialisasi.

“MUI akan terus terlibat dalam mensosialisasikan vaksinasi Covid-19 ke masyarakat luas,” ujar Ma’ruf dalam video yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat ( 16/10/ 2020).

Baca Juga :  Pemimpin FPI Rizieq Shihab Masuk Rumah Sakit, Ini Kata Dirut RS UMMI Bogor: Tidak Mengarah ke Covid-19

Ma’ruf memastikan vaksin yang beredar nantinya sudah melalui sertifikasi halal oleh MUI. Namun, ujar Ma’ruf, jika tidak halal pun tetap bisa digunakan.

“Vaksin itu tetap bisa digunakan walau tidak halal saat darurat, tapi harus ada ketetapan yang dikeluarkan oleh MUI,” ujar dia.

www.tempo.co