JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Pulang dari Jakarta, Emak-Emak Warga Tanon Sragen Positif Covid-19. Ada 3 Warga di Kedawung, Kalijambe dan Miri Jadi Sumber Penularan, Berikut Daftar Lengkapnya!

Ilustrasi penanganan pasien corona virus di ruang Isolasi. Foto/Wardoyo
madu borneo
madu borneo
madu borneo

 

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Penyebaran virus corona atau covid-19 di Sragen terus meningkat. Sebanyak delapan warga kembali dinyatakan positif terpapar covid-19 pada Minggu (4/10/2020).

Dari delapan kasus itu, empat diantaranya positif karena tertular dari orang terdekatnya yang sudah lebih dulu positif. Mereka tertular dari tiga pasien positif yang menjadi sumber penularan.

Empat pasien yang merupakan tracing kontak erat itu masing-masing RH (27) asal Krikilan, Kalijambe. Dia tertular dari N asal desa yang sama. Kemudian satu pasien berinisial HS asal Miri yang menulari dua warga yakni K (40) dan S (67).

Kemudian satu pasien positif lainnya yakni T asal Kedawung menulari DA (12) asal Desa Celep, Kedawung.

Selain itu empat pasien lainnya memiliki riwayat berbeda. Pasien perempuan paruh baya berinisial D (50) asal Desa Karangasem, Tanon dinyatakan positif setelah pulang dari Jakarta.

Kemudian, dua pasien yakni T (58) asal Somomorodukuh Plupuh dan SL (66) asal Purwosuman Sidoharjo dinyatakan positif setelah dirawat di RSUD dr Soeratno Gemolong. Keduanya sebelumnya menunjukkan gejala klinis batuk dan sesak nafas.

Baca Juga :  Musala di Tanon Jadi Klaster Baru Penularan Covid-19. Pemilik Positif, 7 Tetangganya Ikut Tertular, Pemdes dan Satgas Sesalkan Hasil Swab Tidak Serentak Bikin Resah Warga

Satu pasien terakhir adalah NA asal Desa Pilang Masaran yang positif dirawat di RS PKU Muhammadiyah Solo.

Atas fakta itu, Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sragen, Tatag Prabawanto mengingatkan bahwa tren penularan covid-19 dari klaster keluarga cenderung cepat dan meningkat.

Hal itu ditandai dengan banyaknya pasien positif setelah kontak erat dengan pasien sebelumnya. Karenanya ia mengimbau masyarakat senantiasa menaati protokol kesehatan utamanya pakai masker dan jaga jarak. Wardoyo

Berikut Daftar 8 Pasien Positif Covid-19 Sragen Tanggal 4 Oktober:

Pasien Asimptomatik
1. D (P, 50 tahun) Desa Karangasem, Kec. Tanon, mempunyai riwayat perjalanan dari Jakarta
2. RH (L, 27 tahun) Desa Krikilan, Kec. Kalijambe, Hasil tracing / kontak erat dengan pasien konfirm N (Kalijambe)
3. K (L, 40 tahun) Hargomulyo, Kec. Miri, Hasil tracing / kontak erat dengan pasien konfirm HS (Miri)
4. S (P, 67 tahun) Hargomulyo, Kec. Miri, Hasil tracing / kontak erat dengan pasien konfirm HS (Miri)
5. DA (P, 12 tahun) Desa Celep, Kec. Kedawung, Hasil tracing / kontak erat dengan pasien konfirm T (Kedawung)
▪️Pasien Simptomatik
6. T (P, 58 tahun) Desa Somomorodukuh, Kec. Plupuh, rapid reaktif kemudian di swab hasil terkonfirmasi positif covid-19. Sebelumnya T menjadi pasien suspek sejak 29/9/2020 dan dirawat di RSUD dr. Soeratno Gemolong.
7. SD (L, 66 tahun) Desa Purwosuman, Kec. Sidoharjo, mempunyai gejala sesak nafas, rapid reaktif kemudian di swab hasil terkonfirmasi positif covid-19. Sebelumnya SD menjadi pasien suspek sejak 30/9/2020 dan dirawat di RSUD dr. Soeratno Gemolong.
8. NA (L, 45 tahun), Desa Pilang, Kec. Masaran, dirawat di RS PKU Muhammadiyah Surakarta

Baca Juga :  Tak Tahan Keadaan, Petani Berusia 80 Tahun di Masaran Sragen Nekat Bunuh Diri Nyemplung Sumur Tua. Jasadnya Baru Ditemukan 2 Pekan Kemudian Dalam Kondisi Rusak dan Membusuk

📝Dan 7 pasien dinyatakan sembuh :

1. SRK (L, 25 tahun) Kec. Karangmalang
2. M (P, 58 tahun) Kec. Mondokan
3. MLAW (L, 26 tahun) Kec. Sragen
4. SN (P, 70 tahun) Kec. Gemolong
5. ANR (P, 25 tahun) Kec. Masaran
6. OTS (P, 26 tahun) Kec. Gemolong
7. S (P, 59 tahun) Kec. Kalijambe
Sumber: Gugus Tugas Covid-19