JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Ini Lho Jumlah Penerima Bantuan Sosial Tunai Atau BST di Kecamatan Jatisrono Manyaran dan Giriwoyo Wonogiri, Setiap KPM Berhak Menerima 300 Ribu

Penyaluran BST di Kecamatan Giriwoyo Wonogiri. Dok. Kodim 0728
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

Penyaluran BST di Kecamatan Giriwoyo Wonogiri. Dok. Kodim 0728
Penyaluran BST di Kecamatan Giriwoyo Wonogiri. Dok. Kodim 0728

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sejumlah kecamatan di Wonogiri secara serentak melaksanakan penyakuran Bantuan Sosial Tunai (BST).

Salah satunya di Kecamatan Jatisrono, dimana anggota Koramil 14/Jatisrono Sertu Lasto dan Serda Agus Prihatin, Anggota Polsek Jatisrono Bripka Haryadi dan Bripda Ricy melaksanakan pendampingan serta pengamanan dalam pendistribusian BST.

Pendistribusian BST yang dilaksanakan di pendopo Kecamatan Jatisrono tersebut turut dihadiri oleh Camat Jatisrono Suradi, Anggota Koramil 14/Jatisrono, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Iis Sugiarti, tim kesehatan dari puskesmas Jatisrono dan tim pendamping desa Jatisrono.

Sertu Lasto menyampaikan, dalam pendistribusian tersebut dibagikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebanyak 1.095. Setiap KPM berhak mendapatkan bantuan tunai senilai Rp. 300.000.

Adapun rincian penerima dari tiap Desa meliputi, Desa Ngrompak 79 KPM, Desa Pandeyan 73 KPM, Desa Semen 100 KPM, Desa Pelem 127 KPM, Desa Rejosari 157 KPM, Desa Sumberejo 82 KPM, Desa Jatisrono 267 KPM dan Desa Gunungsari 210 KPM.

Baca Juga :  Kasus Pupuk Langka Diduga Terjadi di Wonogiri Disinyalir Ada Permainan Pihak Tertentu

Sertu Lasto menambahkan, anggota yang hadir dalam pendistribusian tersebut selalu menyampaikan himbauan agar menjaga jarak saat mengantre dan selalu menggunakan masker. Hal ini selalu ditekankan untuk memutus rantai penyebaran COVID-19.

Sementara Camat Manyaran Purwadi, Danramil 11/Manyaran Kapten Inf Agus Priyanto dan anggota, Kapolsek Manyaran Iptu Lasimin dan anggota, pegawai Kantor Pos Manyaran, Ketua panitia pendistribusian BST Sumarno mengawal pendistribusian BST Kecamatan Manyaran.

“Penyaluran bantuan sosial pangan maupun tunai yang ada di Kecamatan Manyaran tidak didistribusikan secara langsung kepada semua warga. Namun dalam pendistribusiannya sesuai dengan jadwal yang sudah ada,” ungkap Danramil.

Danramil menambahkan, di masa pandemi seperti saat ini pemberian bantuan jangan sampai menimbulkan kerumunan massa yang bisa menjadikan kluster penyebaran COVID-19. Dalam pendistribusiannya harus menerapkan protokol kesehatan dan para anggota yang ada di lapangan tidak henti-hentinya menghimbau dan mengingatkan masyarakat untuk tetap memedomani protokol kesehatan.

Baca Juga :  Ngeri Lur, 80 Pedagang Pasar Sidoharjo Wonogiri Terkonfirmasi Positif COVID-19, Meski Kasus Melonjak Pasar Tidak Ditutup Lagi

Pendistribusian BST bulan November sesuai dengan jadwal yang ada diberikan kepada 681 KPM yang ada di dua Desa/Kelurahan. Yakni Desa Pagutan sebanyak 321 KPM dan Kelurahan Punduhsari sebanyak 360 KPM.

Di lokasi terpisah di Pendopo Kecamatan Giriwoyo telah dilaksanakan pula penyaluran BST kepada masyarakat yang terdampak COVID-19.

Hadir dalam acara tersebut Sekcam Fuad, Danramil 08/Giriwoyo Kapten Inf Sriyono yang diwakili Serma Ferdian beserta rekan Babinsa, Polsek Giriwoyo Aiptu Lukmanto beserta anggota, Tim kesehatan Puskesmas 1 Giriwoyo dipimpin Taufik Muhammad Bilal, Pegawai PT. Pos, Petugas PKH, Petugas TSKS dan relawan.

Serma Ferdian berujar, jumlah penerima BST sebanyak 1.100 KPM yang berada di 8 Desa/Kelurahan. Meliputi Kelurahan Girikikis 198 KPM, Desa Bumiharjo 190 KPM, Desa Guwotirto 158 KPM, Desa Bulurejo 167 KPM, Desa Sejati 123 KPM, Desa Tirtosuworo 115 KPM, Desa Gedonrrjo 84 KPM dan Desa Tawangharjo 64 KPM. Aria