JOGLOSEMARNEWS.COM Market Ekbis

Apa yang Harus Dilakukan di Musim Gugur untuk Meningkatkan Modal Anda?

Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

ID1
Foto: Istimewa

Musim gugur adalah waktu ketika kita sudah mulai merasakan akhir tahun yang semakin mendekat. Kita bertanya pada diri sendiri: apa yang sudah kita lakukan di tahun ini untuk meningkatkan tabungan kita? Dan sebagian bertanya-tanya apakah mereka sudah memiliki cukup dana untuk hadiah Natal?

Musim gugur adalah waktu yang tepat untuk memikirkan cara meningkatkan pemahaman keuangan Anda. Dan jika Anda ingin mengambil tindakan untuk meningkatkan modal Anda, berikut beberapa tips, bagaimana Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Yang Anda butuhkan hanya memilih yang paling sesuai untuk Anda.

Deposito bank

Deposito bank adalah cara paling populer untuk mengamankan modal Anda dan mendapatkan penghasilan tambahan. Tetapi ini cara yang cukup bagus untuk mengamankan uang Anda, khususnya, dari inflasi.

Ketika memilih bank, ingat: Anda sangat mungkin perlu menemukan kesesuaian antara keandalan dan suku bunga yang tinggi. Jika bank sudah berumur lama, aman, dan memiliki reputasi yang bagus, bank bisa menawarkan persentase deposito yang lebih rendah. Bank-bank muda menawarkan kepada kliennya ketentuan yang lebih disukai, tetapi terkait dengan risiko tinggi dan bank mungkin ditutup dan Anda akan kehilangan seluruh deposito Anda.

Setelah Anda memilih bank yang tepat, pertimbangkan mata uang apa yang ingin Anda gunakan untuk deposito.Banyak bank yang menawarkan kepada para kliennya opsi untuk deposito baik dalam mata uang negaranya (bergantung mata uang di mana bank berada) dan mata uang asing yang populer seperti EUR dan USD. Opsi kedua mungkin lebih aman jika mata uang negara Anda tidak stabil.

Semua bank tertarik pada deposit jangka panjang. Dan harus Anda ingat: semakin lama deposito Anda, semakin tinggi penghasilan Anda. Dan tentu saja persentase dari deposito Anda bergantung pada jumlah yang ingin Anda taruh di rekening Anda.

Itulah alasan mengapa deposito bank merupakan cara yang bagus untuk Anda jika:

  • Anda memiliki jumlah dana yang cukup besar.
  • Tidak apa-apa jika Anda tidak menggunakannya selama setahun atau lebih lama.
  • Tujuan utama Anda adalah mengamankan dana Anda, tetapi bukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang mengesankan.
ID2
Foto: Istimewa

Berinvestasi di ekuitas perusahaan

Ada dua cara untuk mendapatkan manfaat dari berinvestasi dalam ekuitas. Anda bisa membelinya dan mendapatkan persentase tertentu dari keuntungan perusahaan. Atau Anda bisa membelinya dengan harga rendah, kemudian menjualnya dengan harga tinggi. Perbedaan ini akan menjadi keuntungan Anda.

Baca Juga :  PT BPR BKK Karangmalang Gelar Workshop APU PPT dan Strategi Pencapaian RBB 2021

Di kasus pertama, Anda perlu menemukan perusahaan yang cukup stabil dan berkembang secara aktif dengan profit yang akan memberikan penghasilan yang bagus. Dan yang tidak akan bangkrut dalam setahun, yang merugikan investasi Anda. Untuk melakukan ini, Anda harus melakukan analisis pasar dengan benar, mempelajari prospek-prospek pengembangannya dan mengevaluasi apakah bidang atau produk perusahaan akan menjadi permintan di tahun-tahun yang akan datang.

Membeli ekuitas lebih murah dan menjualnya lebih tinggi adalah cara cepat untuk mendapatkan keuntungan. Tentu saja, seperti kasus sebelumnya, Anda harus menganalisis pasar untuk menemukan perusahaan yang memiliki kuotasi harga yang akan naik dalam waktu dekat. Ikuti berita-berita perekonomian dan berita-berita dari perusahaan yang Anda pilih untuk investasi.

Pasar global modern sangat mudah berubah. Kemarin, satu startup kecil nyaris tidak berharga, dan kini ekuitasnya meroket. Atau hari ini, pemimpin perusahaan yang besar dan stabil memposting twit tentang skandal dan besok reputasi dari perusahaan ini hancur dan tidak ada orang yang mau berinvestasi di dalamnya.

Bagaimana pun, jika Anda ingin berinvestasi di ekuitas, Anda harus menemukan broker yang andal untuk membeli dan menjual ekuitas Anda. Selain itu, jika Anda memutuskan untuk mendapatkan keuntungan dari perbedaan antara harga jual dan harga beli, Anda perlu ingat bahwa perubahan harga signifikan bisa terjadi kapan pun.

Berinvestasi di ekuitas perusahaan cocok untuk Anda jika:

  • Anda memiliki dana cukup untuk membeli ekuitas (sebagian dari ekuitas itu, khususnya perusahaan besar dan stabil, bisa sangat mahal)
  • Anda memiliki waktu yang cukup untuk mengikuti berita-berita perekonomian dan perubahan pasar.
  • Anda telah memiliki level pemahaman perekonomian yang tinggi dan Anda bisa secara mandiri membuat prediksi jangka panjang atas perubahan harga ekuitas.
binomo
Foto: Istimewa

Trading

Trading adalah aktivitas yang sangat populer dan cocok untuk mereka yang ingin mencoba sendiri dalam investasi, tetapi tidak ingin membuang-buang waktu untuk menunggu dan menghabiskan banyak uang di langkah-langkah awal. Anda perlu memiliih aset yang akan diperdagangkan (aset tersebut bisa ekuitas perusahaan, pasangan mata uang, barang), untuk menganalisis grafik perubahan kuotasi harga dan membuat prediksi: apakah harga dari aset yang dipilih akan naik atau turun. Jika prediksi Anda benar, Anda akan mendapatkan penghasilan.

Baca Juga :  Tutik Solo Rajut, Bermula dari Iseng Berbuah Jadi Berkah

Ada beberapa platform keuangan yang menawarkan kepada para penggunanya untuk mencoba trading. Dan untuk lebih dekat dengan kenyataan, contoh-contoh kita akan didasarkan pada salah satu platform terbesar dan paling andal – yaitu platform Binomo. Karena platform ini memiliki antarmuka yang simpel, ketentuan yang fleksibel, dan akun demo dengan $1000, yang bisa Anda gunakan untuk mencoba trading tanpa perlu investasi dan tanpa risiko.

  • Pilih aset yang untuk diperdagangkan dan analisis grafiknya (Anda bisa beralih antargrafik kapan saja).
  • Atur waktunya, ketika perdagangan Anda akan ditutup secara otomatis. Trader menyebutnya “waktu kedaluwarsa”. Anda bisa memilih perdangkan jangka pendek dalam 1-5 menit atau waktu kedaluwarsa yang lebih panjang, yaitu 15 hingga 60 menit. Ini bergantung pada situasi pasar dan aset yang dipilih.
  • Tentukan nominal perdagangan. Nominal terkecil trading di Binomo hanya $1. Kami merekomendasikan untuk memulai dengan nominal kecil, jika Anda masih baru di trading. Semua orang perlu  waktu untuk belajar.
  • Buat prediksi: apakah harga akan lebih tinggi atau lebih rendah dari sekarang, setelah waktu kedaluwarsa? Jika menurut Anda harga akan lebih tinggi, buka perdagangan naik. Dan sebaliknya. Klik tombol panah naik atau turun di sebelah kanan layar untuk membuka perdagangan.

Setelah itu, yang perlu Anda lakukan adalah menunggu  perdagangan menutup untuk mendapatkan hasilnya. Jika prediksi Anda benar, penghasilan Anda akan segera ditambahkan ke akun Anda.

Membuat prediksi yang akurat bisa sulit, karena sebagian harga sangat mudah berubah. Itulah mengapa trader membuat banyak instrumen analisis harga. Di platform Binomo, Anda bisa menambahkannya ke grafik untuk mengetahui dengan lebih akurat tren pegerakan harga dan mendapatkan sinyal perdagangan.

Trading cocok untuk Anda jika:

  • Anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan.
  • Anda ingin mempelajari instrumen keuangan modern dengan investasi kecil.
  • Anda tidak ingin menunggu berbulan-bulan dan bertahun-tahun untuk mendapatkan hasil.