JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Awas, Kasus Meroket Terus Karanganyar Masih Setia Jadi Zona Merah Covid-19. Total Sudah 196 Warga Meninggal Dunia, Hajatan Jadi Kegiatan Paling Rawan!

Ilustrasi pemakaman protokol covid-19. Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM -Harapan Pemkab Karanganyar pads minggu ini status zona merah covid di kabupaten ini bisa berubah status menurun menjadi zona merah kecil terjadi. Pasalnya trend jumlah warga terpapar covid terus mengalami kenaikan meskipun secara komulatif volume jumlah warga positip covid dibawah angka 50 orang per hari.

Plt Dinas Kesehatan Kabupaten DKK Karanganyar Purwati M.Kes mengatakan Senin lalu DKK sudah lakukan up date monitoring dan analisa kondisi covid se-Karanganyar.

Namun berdasarkan monitoring dan analisa tersebut ternyata berat kemungkinan statusnya berubah menurun status menjadi zona merah.

“Banyak faktor yang dibahas dan menjadi ukuran untuk barometer ditetapkannya status covid. Dan hasilnya sampai hari ini Rabu (25/11/2020) Karanganyar masih status zona merah,” tandasnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Rabu (25/11/2020).

Baca Juga :  Innalillahi, 4 Warga Sragen Kembali Meninggal Dunia Hari Ini. Hasil Swab Dinyatakan Positif Terpapar, Jenazah Dimakamkan Tanpa Disemayamkan

Menurut Purwati trend seminggu terakhir ini jumlah warga terpapar covid masih tinggi yang dipicu dari hubungan kontak erat. Jumlah warga terpapar covid tembus sebanyak 1.700 orang, namun jumlah korban meninggal dunia relatip masih kecil.

Sedangkan jumlah warga positip covid juga masih dibawah angka 50 orang per hari alias masih rendah se Soloraya jika dibandingkan indek kabupaten lain tembus sebanyak 100 orang bahkan hingga 200 orang per hari.

“Ya kita berharap semoga minggu depan hasil monitoringnya bisa terjadi penurunan zona covid dari sekarang zona merah menjadi zona oranye,” ungkapnya.

Untuk itu Purwati terus menghimbau kepada siapapun di Karanganyar agar berhati-hati dan taat terhadap protokol kesehatan.

Sebab salah satu indikator penurunan status juga dilihat dari trend ketaatan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan.

Baca Juga :  Antisipasi Lonjakan Pasien Covid-19 Pascaliburan, Menkes Izinkan Perawat Tanpa Surat Tanda Registrasi Bisa Langsung Bekerja di RS

Apalagi sekarang ini musim hajatan semakin meningkat sehingga potensi kerawanan kontak erat bisa semakin luas.

Meskipun disatu sisi tim penindakan pelanggaran protokol kesehatan terus bergerak menertibkan agar masyarakat mentaati 3M yakni Memakai Masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak.

Status zona merah itu tak lepas dari grafik kasus corona virus atau covid-19 di Karanganyar yang terus menunjukkan tren stabil peningkatan. Hingga Selasa  (24/11/2020) pagi, jumlah kasus warga covid-19 di Bumi Intanpari sudah meroket mencapai 1.273 kasus.

Tidak hanya itu, jumlah pasien suspek di Karanganyar juga terus menanjak mencapai 2.562 dengan tren warga meninggal juga makin bertambah sudah mencapai 196 orang baik berstatus probabel, suspek maupun positif. Beni Indra/Wardoyo