JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Bagaimana Hasil Tes Swab Penumpang Bus AKAP di Terminal Giri Adipura Krisak Selogiri Wonogiri? Begini Jawaban Plt Bupati Wonogiri Edy Santosa

Tes swab penumpang bus di Terminal Giri Adipura Krisak Selogiri Wonogiri. JSnews. Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Ratusan penumpang bus AKAP di terminal Tipe A Giri Adipura Krisak, Selogiri, Wonogiri menjalani tes swab pekan lalu.

Hasilnya, ada puluhan penumpang yang terkonfirmasi positif corona. Namun, masih ada ratusan sampel swab lagi yang hasilnya masih menunggu.

Plt Bupati Wonogiri Edy Santosa, menjelaskan tes swab penumpang bus AKAP di Terminal Giri Adipura Krisak Selogiri Wonogiri dilaksanakan dua kali. Pertama untuk penumpang kedatangan, kedua untuk penumpang keberangkatan.

“Tes swab ini dilakukan sebagai upaya antisipasi persebaran virus Corona,” beber dia, Kamis (5/11/2020)

Jumlah penumpang yang diswab ada sekitar 400 orang dan hasilnya baru-baru ini keluar. Menurut informasi yang diterima ada 10 orang yang terkonfimasi positif COVID-19.

Baca Juga :  Gawat, Hanya Dalam Setahun Ada 55 Kasus Baru HIV/AIDS di Wonogiri, Total Kasus Akumulatif Menjadi 609 Sejak 2001

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Wonogiri Adhi Dharma mengatakan, dari 400 uji sampel test swab terdapat 10 orang yang terkonfirmasi positif Corona. Perinciannya, enam orang penumpang keberangkatan dan empat orang lainnya merupakan penumpang kedatangan.

“Justru yang paling beresiko adalah keluarga penumpang keberangkatan yang di rumah. Mereka ini menularkan apa tidak. Tapi, dari 10 orang ini yang KTP Wonogiri hanya tiga, tujuh lainnya bukan Wonogiri. Ada yang Karanganyar dan Sukoharjo,” kata Adhi Dharma.

Menurutnya, saat ini pihaknya sudah melakukan tracing. Setidaknya ada 630-an sampel swab sudah dikirim ke laboratorium dan saat ini masih menunggu hasilnya.

Baca Juga :  6 Anggota KPPS di Kecamatan Giritontro Wonogiri Kompak Mengundurkan Diri, Sebelumnya Telah Direkomendasikan Bawaslu Untuk Diganti Lantaran Melanggar Kode Etik

“Yang pernah kontak dengan pelaku perjalanan yang saat ini sudah pulang dan memiliki gejala mengarah COVID-19 bisa memeriksakan diri ke Puskesmas. Biar ndak antri bisa telpun petugas dulu,” kata dia.

Dengan adanya penambahan kasus akibat transmisi lokal di klaster keluarga, angka reproduktif efektif (Rt) di Wonogiri naik. Saat ini menjadi 1,03. Jika sebelumnya dibawah 1 kini menjadi 1, 03. Kemudian, kemarin lusa 0,6 sekarang sudah jadi 1,03. Hal ini dikarenakan adanya transmisi lokal. Aria