JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Evaluasi Libur Panjang, Kamtibmas dan Arus Lalu-lintas Aman, Namun Polisi Temukan Ini

Ilustrasi razia tempat hiburan malam. Foto. Dok

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Berbagai catatan pun dikantongi jajaran kepolisian dari Polresta Surakarta berkaitan dengan libur panjang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan cuti bersama telah berakhir, Minggu (01/11/2020) lalu.

Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak memaparkan, dari catatan sisi lalu-lintas relatif lancar, meski terjadi penambahan kendaraan di ruas jalan Kota Solo.

“Kemudian dari sisi Kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat-red) relatif kondusif. Pemeliharaan keamanan kita lakukan secara optimal,” kata Ade Safri, Rabu (04/11/2020).

Tak hanya sisi lalu-lintas, Polresta Surakarta bersama dengan TNI, Satpol PP juga menggelar patroli gabungan berskala besar. Salah satunya razia tempat hiburan malam yang menjadi lokasi favorit para pemudik untuk bersantai saat pulang kampung.

Baca Juga :  Dilaunching, Bhayangkara Solo FC Resmi Bermarkas di Stadion Manahan

“Khusus razia tempat hiburan malam, kami juga melibatkan POM TNI dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Solo. Alhamdulillah kami dapatkan lima pengunjung yang saat dites urine positif narkoba,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Solo, Ari Wibowo memaparkan setidaknya tercatat 126 ribu kendaraan melintas di Kota Bengawan saat puncak libur panjang.

Baca Juga :  Polresta Solo Tak Terbitkan Izin Keramaian Pergantian Tahun, Pemkot Juga Tak Adakan Car Free Night

Jumlah itu belum termasuk sekitar 25 ribu kendaraan yang meninggalkan Solo melalui ruas tol baik dari pintu Klodran maupun Gondangrejo.

“Gardu Tol Klodran saat puncak arus balik memang terpantau padat. Namun itu juga berdampak pada longgarnya kepadatan di jalan kota,” kata Ari.

Meski terjadi penambahan kendaraan, Ari menyebut secara umum arus lalu-lintas di Kota Solo selama masa libur panjang terpantau lancar.

“Kepadatan ada di beberapa titik perbelanjaan dan wisata kuliner. Namun mulai Senin kemarin sudah normal,” tukas dia. Prabowo