JOGLOSEMARNEWS.COM Panggung Seni Budaya

Bagus Baghaskoro dan Saba Nusa Gelar Pertunjukan Sinematik “Shri Rajasa Sang Amurwabhumi”

Dok Humas ISI Surakarta

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Bersama dengan komunitas Saba Nusa, dalang dan komposer musik gamelan asal Malang yang menetap di Solo, Bagus Baghaskoro Wisnu Murti bakal menggarap pertunjukan epik berjudul “Shri Rajasa Sang Amurwabhumi”.

Aris Setiawan selaku Koordinator Media dalam rilisnya ke Joglosemarnews menjelaskan, perhelatan itu digelar sebagai realisasi dari hibah fasilitasi Bidang Kebudayaan dari pemerintah guna menggelar pertunjukan kolosal di beberapa kota di Jawa Timur.

“Pertunjukan ini digarap secara sinematik dengan menggabungkan beberapa unsur seperti wayang, tetater, komposisi musik baru dan permainan multimedia,” ujar Aris.

Dipaparkan, lakon Shri Rajasa Sang Amurwabhumi berupaya memperkenalkan kisah perjalanan hidup Ken Arok dalam mendirikan kerajaan Tumapel.

Diakui, kisah itu selama ini jarang dilakonkan dalam pertunjukan, terutama wayang kulit, yang lebih banyak mengangkat epos Mahabarata dan Ramayana.

Dengan demikian, jelas Aris,  Bagus dan Komunitas Saba Nusa memberi edukasi dalam menumbukkan kecintaan pada lakon-lakon bercitarasa nusantara.

Dok Humas ISI Surakarta

Kendatipun pertunjukan hendak menyuguhkan satu tampilan baru, namun masih terikat dengan bingkai tradisi yang kuat.

“Kebanyakan pendukung karya ini adalah seniman profesional di bidangnya, sehingga kekaryaan yang ditampilkan digarap secara serius,” bebernya.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com