JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Beredar Isu Rizieq Shihab Terpapar Covid-19, FPI Langsung Membantah. Kirim Video Rizieq Main Bareng Cucu sebagai Bukti

Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. Foto: TEMPO/Subekti via Tempo.co
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Setelah sempat dikabarkan sakit, kali ini beredar isu yang menyebut Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab positif Covid-19. Kabar itu pun langsung dibantah oleh Juru Bicara FPI, Novel Bamukmin.

Isu yang mengabarkan Rizieq Shihab terkena Covid-19 beredar di media sosial pada Sabtu (21/11/2020). Tak hanya menyebut Rizieq Shihab, isu yang berhembus juga mengatakan istri dan anaknya juga terpapar virus corona.

Menanggapi isu tersebut Jubir FPI Novel Bamukmin membantah dengan mengirimkan sebuah video yang memperlihatkan Rizieq Shihab sedang bermain dengan cucu-cucunya. “Itu di Petamburan,” ujar Novel bersamaan dengan video yang dikirimkannya kepada Tempo.

Sebelumnya, Rizieq Shihab juga sempat dikabarkan sakit sehingga beberapa hari terakhir tidak muncul di hadapan publik. Namun FPI juga membantah kabar tersebut dengan menyebut bahwa pemimpin mereka sedang memilih untuk beristirahat dan rehat dari kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan massa seraya menunggu situasi mereda.

Baca Juga :  Sebelum Ditangkap KPK, Edhy Prabowo Sering Kritik Eks Menteri Susi

“Bahwa IB HRS (Imam Besar Habib Rizieq Shihab) saat ini memilih untuk istirahat, jeda sejenak,” demikian FPI dalam keterangan tertulis yang ditandatangani Ketua Umum Sobri Lubis dan Sekretaris Umum Munarman, Kamis (19/11/2020).

Dalam surat itu, dijelaskan bahwa Rizieq Shihab hanya kelelahan setelah perjalanan pulang dari Arab Saudi dan langsung mengikuti agenda kegiatan yang padat selama beberapa hari berturut-turut.

FPI menyatakan Rizieq Shihab akan ikut berkomitmen mengajak umat untuk menerapkan pola hidup sehat di masyarakat. “Maka untuk sementara IB HRS memilih tidak melakukan kegiatan yang akan berdampak pada penumpukan massa hingga situasi kembali normal,” kata FPI.

Pendukung Rizieq Shihab Positif Covid-19

Dalam dua pekan terakhir, memang ada sejumlah kerumunan massa yang timbul di sekitar Rizieq Shihab. Sejak saat kepulangannya di Indonesia pada 10 November 2020 lalu, hingga saat kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan akad nikah putrinya di Petamburan pada 14 November 2020.

Baca Juga :  Berikut Daftar 11 Warga Sragen yang Positif dan 1 Meninggal Terpapar Covid-19 Hari Ini. Ada Bocah Umur 8 Tahun di Kalijambe!

Data Satgas Covid-19 pada 19 November 2020, dari serangkaian acara yang dihadiri Rizieq Shihab, terdapat tujuh orang positif Covid-19 dari 15 orang yang diperiksa wilayah Petamburan, Jakarta. Lurah Petamburan pun terkonfirmasi positif Covid-19.

Lalu, data pada 20 November berdasarkan hasil swab antigen untuk klaster Megamendung, telah diperiksa 559 orang. Tercatat ada 20 orang yang positif terpapar virus corona.

Satuan Tugas Covid-19 mengimbau masyarakat di sekitar Tebet, Jakarta Selatan; Petamburan, Jakarta Pusat; dan Megamendung, Bogor, Jawa Barat; melaksanakan tes usap (swab) karena muncul sejumlah kasus Covid-19 di kawasan tersebut.

“Menyusul sejumlah kasus positif di wilayah tersebut,” kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satgas Covid-19, Doni Monardo, melalui keterangan tertulis, kemarin.

www.tempo.co