JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Dalang Ki Seno Nugroho Meninggal, Pariwisata Yogyakarta Kehilangan Sosok Ikon Kesenian Wayang Kulit

Dalang wayang kulit, Ki Seno Nugroho. Foto: Instagram

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Kabar meninggalnya dalang wayang kulit Ki Seno Nugrono mengejutkan dunia pariwisata di Yogyakarta. Pasalnya, Ki Seno Nugroho telah menjadi salah satu ikon kesenian yang turut berjasa membangkitkan pariwisata di Kota Gudeg.

Nama dalang Ki Seno Nugroho yang kerap tampil mengisi gelaran event di Yogyakarta selalu dinantikan kehadirannya oleh para penikmat seni pertunjukan wayang kulit. Penggemar pertunjukan wayang kulit yang dibawakan Ki Seno Nugroho bahkan datang dari luar Yogyakarta.

Kabar meninggalnya Ki Seno Nugroho pada Selasa (3/11/2020) malam kemarin pun tak pelak membuat banyak pihak merasa kehilangan, tak terkecuali Pemkot Yogyakarta.

Baca Juga :  1.118 Pasutri di Gunungkidul Ajukan Gugatan Cerai,  Ini Yang Akan Dilakukan Bupati

“Kami kehilangan ikon kesenian wayang kulit yang fenomenal, beliau adalah magnet (wisata), punya penggemar sendiri,” ujar Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi, yang juga mengaku sebagai pecinta pertunjukan wayang Ki Seno Nugroho, Rabu (4/11/2020).

Heroe mengatakan, Ki Seno selalu tampil menyajikan pertunjukan wayang kulit dengan ciri khasnya yang memadukan antara gagrak Surakarta dan gagrak Yogyakarta. Hal itu menjadikan wayang kulit masih banyak digemari berbagai kalangan.

“Beliau salah satu yang menjadikan wayang kulit bisa eksis dan setiap pertunjukan selalu ramai para penonton langsung maupun live streaming,” kata Heroe.

Baca Juga :  Kesal Istri Merengek Minta Pulang, Suami Muda Nekat Tusuk Pakai Pisau dan Gunting Hingga Tewas

Raja Dalang Live Streaming

Ki Seno yang dalam pertunjukannya luwes memainkan tokoh punakawan, Petruk, Semar, Gareng,dan Bagong secara jenaka itu menjadi daya tarik tersendiri. Kiprahnya di dunia wayang pun bukan hanya di Indonesia namun juga sudah merambah daratan Eropa, seperti Belanda dan Belgia.

“Saat tampil live streaming yang dua channelnya bisa sampai 20.000 lebih penonton, saya kira Ki Seno adalah rajanya dalang live streaming di Indonesia,” ujar Heroe.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com