JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Gelar FGD, KPU Grobogan Segera Siapkan Mekanisme Debat Publik Pilkada

   

GROBOGAN, JOGLOSEMARNEWS.COM — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Grobogan menyelenggarakan focus group disscusion (FGD), Kamis (5/11/2020). Acara tersebut dilaksanakan di Ballroom Hotel 21 Kota Purwodadi.

Sebanyak 50 tamu undangan dari berbagai instansi pemerintahan, camat, serta organisasi masyarakat, organisasi kepemudaan dan juga tokoh agama hadir dalam kegiatan tersebut.

Ketua KPU Grobogan, Agung Sutopo memaparkan tujuan dari kegiatan FGD yakni mempersiapkan debat publik penajam visi misi calon bupati dan calon wakil bupati Grobogan 2020. Debat publik sendiri akan digelar pada 25 November 2020 mendatang.

“Tujuan dari FGD ini untuk mempersiapkan debat publik penajaman visi misi pasangan calon bupati dan wakil bupati. Para peserta dalam FGD ini memberikan pertanyaan-pertanyaan yang akan disampaikankan,” terang Agung.

“Nantinya pertanyaan-pertanyaan tersebut akan diakumulasi dan disusun panelis untuk diolah menjadi pertanyaan yang akan diberikan kepada pasangan calon bupati dan wakil bupati pada saat debat publik nanti,” sambung Agung, sapaan akrabnya.

Baca Juga :  Mohammad Saleh : Kosgoro 1957 Jawa Tengah Solid Dukung Airlangga Hartarto Pimpin Golkar Kembali

Lebih detail, Agung menjelaskan, dalam FGD ini pihaknya berharap dapat menampung pertanyaan dan aspirasi masyarakat serta kondisi faktual di Kabupaten Grobogan.
Dimana, pertanyaan tersebut akan disampaikan dalam debat publik ini sebagai penajam visi misi calon bupati dan wakil bupati Grobogan.

Selain dihadiri para tamu undangan, kegiatan FGD ini juga dihadiri oleh panelis yang berasal dari akademisi serta praktisi dari berbagai bidang. Salah satunya yakni Teguh Yuwono yang merupakan dosen Fisip Undip Semarang.

Pelaksanaan FGD yang dilakukan dengan standar protokol Covid-19 ini dilaksanakan dengan menyaring permasalahan yang akan menjadi salah satu sumber data. Setelah dikumpulkan, membentuk kesimpulan beberapa tema yang akan dijadikan tema besar terkait penajaman visi misi.

Salah satu tokoh menyampaikan aspirasi dalam FGD tersebut.

“Di dalam ada pertanyaan. Nanti dalam bentuk pertanyaan atau dalam bentuk gambar yang disajikan dan dijawab paslon. Bagian dari bahan pertanyaan yang akan disampaikan melalui moderator, yang dijawab pasangan calon,” jelas Agung.

Baca Juga :  Golkar Dorong Pasangan Ahmad Luthfi – Wihaji dalam Pilgub Jateng Nopember Mendatang

Sementara itu Sekretaris Daerah Grobogan, Moh Soemarsono mengungkapkan, materi dan usulan dari perwakilan yang begitu bagus bisa juga disampaikan pada saat kegiatan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Untuk program pembangunan Grobogan ke depan ia berharap materi dan usulan dari perwakilan yang begitu bagus bisa juga disampaikan pada saat kegiatan RPJMD sehingga dalam aplikasinya bisa lebih maksimal,” imbuh dia.

Pada bagian lain, Teguh Yuwono mengungkapkan dalam penyusunan visi misi perlu dipadupadankan. Yakni isu nasional dengan masalah lokal yang dihadapi masyarakat Kabupaten Grobogan.

Penyusunan materi dari akademisi lainnya juga dipaparkan, yakni melakukan serapan masalah terkait masalah di Kabupaten, baik itu infrastruktur, pendidikan, umkm, dan banyak bidang lainnya, Termasuk terkait pertanian. Satria Utama

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com