JOGLOSEMARNEWS.COM Sport

Hasil Tes Masih Positif Covid-19, Valentino Rossi Terancam Belum Bisa Balapan di MotoGP Eropa

Pembalap MotoGP, Valentino Rossi. Foto: Instagram/valeyellow46

VALENCIA, JOGLOSEMARNEWS.COM Pembalap MotoGP, Valentino Rossi belum terbebas dari virus corona. Hasil tes terakhir yang dilakukan Selasa (4/11/2020) kemarin menunjukkan pembalap dari Tim Monster Energy Yamaha itu masih positif Covid-19. Padahal, Rossi telah menjalani perawatan dan karantina selama dua pekan.

Sejak dinyatakan positif Covid-19, Rossi sudah absen di dua seri MotoGP Aragon. Jika hasil tes masih menunjukkan belum bebas dari virus corona hingga Jumat (6/11/2020), maka Rossi dipastikan kembali absen di balapan MotoGP Eropa.

“Virus ini sangat rumit dan serius. Saya merasa tidak enak badan selama dua hari, lalu saya kembali fit lagi 100 persen. Saya menjalani karantina mandiri di rumah dan sudah mengikuti nasihat dari tim medis. Saya tes lagi dan masih positif, seperti yang pertama,” ujar Rossi seperti dikutip Crash, Kamis (5/11/2020).

Baca Juga :  Tragis, Anggota Kodim Sragen Mendadak Ambruk dan Meninggal Saat Ujian Kenaikan Pangkat. Hasil Swab Ternyata Positif Terpapar Covid-19

Kendati hasil tes terbaru masih menunjukkan dirinya positif Covid-19, namun Rossi tetap berharap bisa segera sembuh dan bisa segera membalap.

“Untungnya saya masih punya dua kesempatan lagi untuk kembali ke lintasan pada Jumat atau Sabtu. Saya sangat sedih karena merasa baik-baik saja. Saya tak sabar ingin kembali naik ke motor dengan bergabung dengan tim. Semoga hasil tes PCR berikutnya negatif,” tandas Rossi.

Regulasi MotoGP di masa pandemi ini mengharuskan para pembalap untuk dinyatakan negatif Covid-19 setidaknya selama 48 jam sebelum balapan. Sementara seri MotoGP selanjutnya, yakni MotoGP Eropa di Sirkuit Ricardo Tormo akan dilangsungkan pada Minggu (8/11/2020) mendatang.

Atas kondisi ini, tim Yamaha pun harus siap untuk kembali kehilangan Rossi pada balapan di Eropa. Direktur Tim Yamaha, Massimo Meregalli mengaku tak bisa berbuat apa-apa dengan kondisi kesehatan Rossi. Terlebih kondisi ini terjadi saat sisa akhir musim yang menentukan.

Baca Juga :  Beredar Isu Rizieq Shihab Terpapar Covid-19, FPI Langsung Membantah. Kirim Video Rizieq Main Bareng Cucu sebagai Bukti

“Ini situasi yang tidak biasa, karena kami belum tahu siapa yang akan turun akhir pekan ini kecuali Vinales. Situasi ini di luar kendali kami, jadi yang bisa kami lakukan hanya bersiap saja,” ujar Meregalli.

Terkait pengganti Rossi di lintasan balap, Yamaha masih memiliki pembalap WSBK, Garrett Gerloff. Jika Rossi benar tak bisa tampil akhir pekan ini, kesempatan mengisi posisi pembalap Yamaha bakal menjadi tantangan besar untuk Gerloff. Yamaha berharap dia bisa belajar.

“Tentu kami akan membantu sebisa mungkin untuk mendukung dia kalau harus gantikan Rossi. Namun kami masih berharap Rossi bisa balapan,” ujar Meregalli. Liputan 6