JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Imbas Pengumuman CPNS, Antrean Pengambilan SKCK di Polres Wonogiri Mengular

Antrean pengambilan SKCK di Polres Wonogiri. Dok. Polres Wonogiri
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

IMG 20201104 WA0029
Antrean pengambilan SKCK di Polres Wonogiri. Dok. Polres Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Permohonan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Polres Wonogiri meningkat seriring adanya pengumuman CPNS.

Fakta tersebut terlihat dari antrean untuk mengambil hasil perpanjangan SKCK di Mapolres Wonogiri, Rabu (4/11/2020).

Antrean mulai terjadi dari depan pintu gerbang penjagaan Polres Wonogiri untuk mengambil kartu ID Card. Para pemohon mengenakan masker sebagai protokol kesehatan di masa pandemi.

Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing melalui Paur Humas Aipda Iwan Sumarsono menerangkan, kecepatan dan efisiensi pembuatan SKCK tersebut muncul setelah Polres Wonogiri meluncurkan Aplikasi Yanpatdu (Pelayanan cepat terpadu). Dalam aplikasi tersebut juga terdapat beberapa layanan yang tersedia untuk masyarakat.

“Layanan masyarakat tersebut yakni lapor kehilangan, lapor propam, laporan pengaduan, SKCK online baru, SKCK online perpanjangan, permohonan izin keramian, permohonan Surat Izin Mengemudi online, pembayaran online, dan Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) online,” jelas dia.

Baca Juga :  Ini Lho Alasan Dandim 0728 Wonogiri Bakal Menggelar TMMD Reguler 110 TA 2020 di Dusun Gemawang Desa Brenggolo Kecamatan Jatiroto Wonogiri

Ada beberapa fitur layanan masyarakat di dalam aplikasi Yanpatdu. Yakni Tombol Darurat yang jika disentuh akan secara otomatis menyalakan alarm ke server Polres Wonogiri. Petugas yang mengetahui alarm itu akan segera menindaklanjuti menuju ke Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Fitur Bhabinkamtibmas dapat digunakan masyarakat untuk menghubungi nomor telepon Bhabinkamtibmas di wilayah tertentu. Fitur Lapor Cepat untuk mempermudah masyarakat melapor, dengan mengirimkan gambar dan keterangan kejadian. Fitur Lapor Cepat juga bisa digunakan untuk melaporkan sesuatu hal yang berhubungan dengan COVID-19.

Fitur Daftar Pencarian Orang (DPO) dapat diakses masyarakat untuk membantu polisi dalam menemukan orang yang sedang dicari, baik karena kriminal maupun orang hilang.

Baca Juga :  Ini Lho Maksud Kebijakan Gas dan Rem Selama Pandemi COVID-19 yang Diterapkan Pemkab Wonogiri Untuk Menumbuhkan Perekonomian Sekaligus Mengendalikan Penyebaran Virus Corona

Fitur Nomor Penting berisi nomor-nomor telepon penting di Kabupaten Wonogiri. Antara lain nomor kepala kelurahan, Kapolsek, Danramil, dan dinas terkait.
Fitur Lokasi Penting berisi lokasi-lokasi titik rawan kecelakaan, titik rawan kejahatan, serta posisi tempat penting di wilayah hukum Polres Wonogiri.

Aplikasi tersebut menyediakan fitur Pembayaran Online. Dengan cara itu, masyarakat pengguna layanan dapat membayar melalui LinkAja, Dana, Go Pay, dan OVO. Dengan cara itu, pengguna layanan tidak perlu melakukan kontak langsung dengan petugas untuk melakukan pembayaran. Selain mencegah Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN), cara itu mampu mencegah penularan COVID-19. Aria