JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Jangan Tertipu Madu Palsu, Ini Cara Mengetes Keaslian Madu!

Madu yang asli, meski dimasukkan freezer tetap akan cair, tidak membeku, mengkristal dan tidak muncul endapan di dasar botol seperti ini / dok pribadi
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Belum lama ini, Polda Banten berhasil membongkar kasus madu palsu dan membekuk tiga orang pelakunya. Madu palsu yang kerap diklaim sebagai madu asli dari Baduy itu telah dijual dengan omset hingga miliaran rupiah.

Para pelaku membuat madu palsu dari zat glukosa, fruktosa, dan molase. Ketiganya dicampur seolah-olah madu asli, padahal tidak mengandung madu sama sekali.

Apapun bentuknya, pemalsuan madu tetap menimbulkan kerugian bagi konsumen. Selain tidak berkhasiat, salah-salah madu palsu bisa membahayakan penderita penyakit tertentu, seperti penderita diabetes.

Untuk mengantisipasi agar tidak tertipu madu palsu, ada beberapa tips untuk mengetahui secara sederhana keaslian madu.

Pengusaha madu Borneo87, Nunung Jaka Hargana menjelaskan, ada beberapa cara mudah dan sederhana untuk menguji keaslian madu. Beberapa di antaranya adalah:

1. Masukkan Dalam Freezer

Sekarang hampir setiap keluarga memiliki kulkas di rumah. Jadi, untuk mengetes keaslian madu dengan cara ini menjadi lebih mudah.

Caranya, masukkan madu ke dalam freezer. Makin lama madu dalam freezer menjadi bukti, madu tersebut asli, palsu atau mengandung campuran.

“Jika madu itu asli, sebulan dimasukkan freezer pun tidak akan membeku atau mengkristal. Dia akan tetap cair meski botolnya dipenuhi lapisan es,” ujarnya kepada Joglosemarnews.

Baca Juga :  Geledah Kantor KKP, KPK Sita Sejumlah Uang Tunai

Kalau madu tersebut dicampur dengan bahan lain, ketika dimasukkan dalam freezer, makan akan terjadi endapan atau gumpalan di bagian dasar botol. “Madunya tetap cair, tapi di bawah terjadi endapan yang menggumpal,” ujarnya.

Sementara itu, bila seluruh madu itu membeku ketika dimasukkan dalam freezer, menurut Nunung Jaka, hal itu bukti bahwa madu tersebut memang palsu. Tak ada kandungan madu sama sekali.

2. Campurkan dengan Kuning Telur

Cara kedua adalah dengan mencampurkan madu dengan kuning telur. Caranya, pecahkan sebutir telur dan tuangkan isinya ke dalam sebuah mangkuk.

Lalu, campurkan beberapa sendok madu ke dalamnya, dan diaduk-aduk hingga merata. “Jika kuning telur itu membeku dan matang, maka itu bukti bahwa madu tersebut asli,” ujarnya.

3. Campurkan dengan Segelas Teh

Cara selanjutnya untuk menguji keaslian madu adalah dengan mencampurnya dengan segelas teh kental. Caranya, tuangkan 2 – 3 sendok makan madu ke dalam segelas teh kental, lalu aduk hingga merata.

“Apabila teh tersebut berubah warna menjadi lebih muda atau keputih-putihan, itu pertanda madunya asli,” ujarnya.

Baca Juga :  Sebelum Ditangkap KPK, Edhy Prabowo Sering Kritik Eks Menteri Susi

Perubahan warna tersebut menurut Nunung Jaka, disebabkan oleh kandungan pollen dan propolis di dalam madu. Pollen merupakan benang sari bunga-bunga yang diisap oleh lebah.

Nunung Jaka mengakui, di luar masih ada beberapa cara yang disebut-sebut bisa untuk menguji keaslian madu, salah satunya dengan meneteskan madu ke atas tisu atau kertas.

Namun, cara ini menurut Nunung Jaka, tidak dianjurkan, karena masing-masing madu memang memiliki kekentalan yang berbeda-beda.

“Jadi tidak bisa dipukul rata bahwa madu yang kental itu asli yang cair tidak asli. Contohnya, madu yang sudah dicampuri dengan cairan glukosa, itu biasanya kental,” ujarnya.

Nunung Jaka mengatakan, Madu Borneo87 berasal dari lebah hutan di pedalaman Kalimantan yang masih kaya akan tanaman obat-obatan. Madu Borneo87 diunduh secara tradisional suku Dayak, dan tidak tersentuh dengan bahan-bahan lain ataupun industri.

“Di dalam madu Borneo87 terkandung ratusan, bahkan ribuan jenis nectar dari tanaman obat, karena itu madu Borneo87 memiliki khasiat untuk pengobatan. Bukan sekadar untuk menjaga imunitas tubuh,” ujarnya. suhamdani