JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Keren, Tak Punya Lahan Warga Perum UNS Ngringo Karanganyar Masih Bisa Tanam Sayuran di Pipa dan Sukses. Bupati: Pak Camat dan Lurah Harus Belajar Banyak ke Masyarakat Perum UNS!

Bupati Karanganyar saat meninjau tanaman hidroponik di Perum UNS Ngringo. Foto/Humas
   

 

 

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ditengah pandemi covid 19 membuat sebagian masyarakat tetap kreatif dan inovatif. Salah satunya ditunjukkan warga perumahaan UNS 5 UNS di Desa Ngringo, Kecamatan Jaten dengan menggalakan hidroponik dan microgreen.

Meskipun tidak memiliki lahan, namun warga tetap produktif dengan menanam sayuran dengan sistem Hidroponik atau bersusun dengan menggunakan pipa.

“Kami juga tengah mengembangkan sistem pertanian microgreen. Bahasa mudahnya, tanaman sayur mayur yang masih bayi atau usia 1 minggu bisa dipanen untuk kebutuhan konsumsi,” papar Ketua RW 23 Perumahaan UNS 5 Desa Ngringo, Anis Ridho saat memberikan sambutan dalam launching Gapuro di perumahaan setempat, Minggu (01/11/2020).

Menurut Anis, sayur dalam sistem microgreen tidak mengandung pupuk dan pestisida sehingga aman untuk kesehatan.

Bahkan, kandungan gizi, enzim, dan vitamin lebih baik. Uniknya, lagi diantara tetangga memasak kemudian dijual kepada tetangga sendiri.

“Artinya saya masak dengan menggunakan sistem online saya tawarkan masakan itu kepada tetangga. Kemudian ada yang membeli sehingga kami saling mendukung diantara warga,” tambahnya.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono berkali-kali memuji sistem pertanian yang dilakukan masyarakat perumahan UNS 5, Desa Ngringo.

Dengan keterbatasan lahan namun tetap masih bisa produktif. Hal ini juga membuktikan masyarakat lebih pandai dari pemimpinnya. Dengan menggunakan sejumlah inovasi dan kreatif maka akan menghasilkan yang lebih baik.

“Pak camat dan Pak lurah harus banyak belajar banyak di masyarakat perumahan UNS 5. Saya membayangkan, jika setiap desa seperti UNS 5 maka Karanganyar akan maju dan jaya,” tambahnya.

Saking senangnya tersebut, Bupati akan memberikan bantuan jahe untuk ditanam pada masyarakat perumahaan UNS 5. Pihaknya akan mengirimkan jahe untuk ditanam 2 kwintal.

Saat ini jahe emprit yang dulunya dihargai murah sekarang sudah tembus Rp 60.000 per Kg.

“Saya mengajak semua belajar dari wabah pandemi. Dengan pandemi, kita lebih memperhatikan keluarga, antar tetangga juga guyub rukun dan berhasil membuat inovasi di bidang pertanian,” tambahnya. Wardoyo

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com