JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Klaster Pasar Sidoharjo Wonogiri Bertambah Menjadi 16 Orang, 9 Diantaranya dari Pedagang dan 7 dari Kontak Erat Keluarga

Swab tes pedagang pasar Sidoharjo Wonogiri. Foto : istimewa
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Klaster Pasar Sidoharjo Wonogiri saat ini mengalami penambahan sebanyak enam kasus baru. Sehingga total pasien positif COVID-19 dari klaster ini menjadi 16 orang.

Awalnya dari klaster ini 10 kasus positif. Perinciannya tujuh dari pedagang dan tiga dari kontak erat keluarganya.

Saat ini pedagang yang terkonfirmasi positif COVID-19 bertambah dua hingga menjadi sembilan. Sedangkan kontak erat keluarga bertambah empat menjadi tujuh orang. Sehingga dari awalnya 10 kasus menjadi total 16 kasus.

Bahkan klaster pasar Sidoharjo saat ini meluas menjadi lima klaster keluarga.

“Untuk klaster Pasar Sidoharjo bertambah menjadi 16 orang. Bahkan kasus itu mengalami perluasan menjadi klaster keluarga. Klaster keluarga sendiri ditemukan sebanyak 5 klaster,” terang Plt Bupati Wonogiri Edy Santosa, Kamis (12/11/2020).

Baca Juga :  Cegah Penularan COVID-19 Puluhan Ribu APD Pilkada Wonogiri 2020 Didistribusikan, Ada Handsanitizer Masker Kantong Sampah Hingga Sprayer

Sebelumnya ujar PLt Bupati, ada tujuh pedagang Pasar Sidoharjo dan tiga orang anggota keluarga pedagang positif COVID-19. Selanjutnya Pemkab mengambil kebijakan penutupan sementara Pasar Sidoharjo serta tracing ke kontak para pasien terpapar oleh satgas. Dari hasil tracing dan tes swab didapati adanya penambahan tersebut.

Menurut dia, ada lima klaster keluarga pengembangan klaster Pasar Sidoharjo yang ditemukan setelah dilakukan tracking dan tracing oleh Satgas Penanganan COVID-19 Wonogiri. Para pasien terkonfirmasi positif Corona ini seluruhnya sudah ditangani.

“Kalau untuk anggota keluarga yang juga terkonfirmasi positif Covid-19, saat ini totalnya ada tujuh orang. Tujuh orang itu terdiri dari lima klaster keluarga,” jelas Edy.

Baca Juga :  Jaga Independensi, Silaturahmi MUI Wonogiri Bersama Bupati Digelar Pasca Pilkada 9 Desember 2020

Lebih lanjut Edy mengatakan, di dalam klaster keluarga itu tercatat melakukan kontak dengan pedagang yang terkonfirmasi positif Corona. Keluarga pedagang yang turut diketahui terkonfirmasi positif COVID-19 di antaranya adalah cucu, suami, istri atau anak.

Informasi dari website resmi Pemkab Wonogiri, secara kumulatif ada 415 kasus COVID-19. Perinciannya, 358 orang sudah sembuh dan 26 orang lainnya dinyatakan meninggal dunia. Sebanyak 21 orang dirawat di rumah sakit dan 10 orang lainnya menjalani isolasi mandiri. Aria