JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Koordinator MAKI, Boyamin Saiman Bikin Sayembara Tangkap Buron Harun Masiku. Hadiahnya Duit Sin$ 100 Ribu

Boyamin Saiman / tempo.co
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Belum ditemukannya buron politikus Harun Masiku, membuat Koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI), Boyamin Saiman menjadi gemas.

Oleh kegemasannya itu, dia menghibahkan duit Sin$ 100 ribu bagi orang yang bisa menemukan buronan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Harun Masiku tersebut.

“Saya minta uang itu dijadikan hadiah sayembara pencarian Harun Masiku,” kata Boyamin saat dihubungi, Kamis (5/11/2020).

Boyamin mengatakan sudah menyampaikan keinginannya itu kepada KPK. Sebelumnya, KPK memanggil Boyamin untuk diklarifikasi terkait duit Sin$ 100 ribu.

Baca Juga :  FPI Minta Keadilan Hukum dan Desak Polisi Usut Kerumunan Massa saat Gibran Daftar Calon Wali Kota Solo, Polri: Itu Kan Pilkada, Jangan Disamaratakan

Boyamin mengatakan mendapatkan uang itu dari seseorang setelah dirinya banyak memberikan informasi terkait kasus Joko Tjandra kepada penegak hukum dan publik.

Boyamin mengatakan duit itu diserahkan melalui kawannya, namun ia menolak menyebutkan nama. Ia lalu menyerahkan uang tersebut kepada KPK sebagai bagian gratifikasi. Akan tetapi, pengembalian uang tersendat lantaran Boyamin dianggap bukan berstatus penyelenggara negara.

Dia mengatakan telah menyerahkan surat pernyataan yang isinya menolak uang dikembalikan kepada dirinya. Maka itu, ia meminta agar uang itu dijadikan hadiah sayembara untuk mencari Harun Masiku. Mantan calon anggota legislatif dari PDIP itu buron sejak Januari 2020.

Baca Juga :  Rendah, Minat Warga Petamburan Ikuti Rapid Test, Kapolda Metro Jaya Beri Imbauan Keras

Boyamin sendiri menduga bahwa Harun sudah meninggal. Sebabnya, kata dia, selama ini ia tidak pernah memperoleh informasi mengenai keberadaan si politikus, kendati sebelumnya telah mengadakan sayembara berhadiah ponsel.

“Terhadap permintaan itu, akan disampaikan ke pimpinan,” kata Boyamin.

www.tempo.co