JOGLOSEMARNEWS.COM Sport

Mandalika Racing Team Indonesia Resmi Diluncurkan, Gandeng Pembalap Nasional Dimas Ekky Pratama. Targetkan Turun di Ajang Moto2

Suasana peresmian Mandalika Racing Team Indonesia di Jakarta, Senin (9/11/2020). Foto: Instagram/@mandalikaracingteam
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Indonesia akhirnya akan segera memiliki tim yang akan mewakili di ajang kejuaraan balap motor Moto2, menyusul resmi diluncurkannya Mandalika Racing Team Indonesia (MRTI), di Jakarta, pada Senin (9/11/2020). Tim ini bahkan telah menggaet seorang pembalap nasional, Dimas Ekky Pratama.

Mandalika Racing Team Indonesia memang diproyeksikan untuk turun dalam ajang Moto2 dan ditargetkan menjadi tim pertama dari Indonesia yang berkompetisi secara penuh pada musim 2021 mendatang. Rencananya, MRTI akan menjalin kerja sama dengan salah satu tim di kelas intermediate.

“Maksud dan tujuan dari pendirian tim ini adalah antara lain untuk mendukung program Presiden Joko Widodo dalam menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah MotoGP di Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Selain itu mendukung harapan bangsa Indonesia untuk dapat berprestasi demi nama negara Indonesia di kejuaraan dunia MotoGP,” kata Ketua MRTI Rapsel Ali.

Baca Juga :  Solo Akan Menjadi Tuan Rumah Piala AFF U16 2024 dan Surabaya AFF U19

Rapsel Ali di mengungkapkan bahwa perwakilan MRTI akan mengadakan pertemuan dengan Dorna Sports di Barcelona, Spanyol pada akhir November ini guna membahas hal teknis terkait rencana partisipasi sekaligus untuk peresmian nama tim di sana.

Sementara untuk tim yang akan berkolaborasi dengan MRTI di musim Moto2 perdananya, Direktur MRTI Kemalsyah Nasution belum mau mengungkapkan. “Tim yang akan bergabung dengan kami masuk ke peringkat 10 besar. Kami tidak bisa sebut tim apa karena mereka masih terikat kontrak hingga seri terakhir di Portugal,” kata Kemal.

Gandeng Pembalap Nasional

Untuk urusan mengaspal di lintasan sirkuit, MRTI telah menunjuk pembalap nasional Dimas Ekky Pratama sebagai salah satu pembalap yang akan memperkuat tim. Nama Dimas Ekky Pratama sendiri sudah tidak asing di Moto2 karena sempat membalap di ajang tersebut tahun 2019 lalu.

Baca Juga :  Solo Akan Menjadi Tuan Rumah Piala AFF U16 2024 dan Surabaya AFF U19

Tak sendirian, nantinya Dimas Ekky juga akan ditemani seorang pembalap profesional asal luar negeri dalam memperkuat Mandalika Racing Team Indonesia.

MRTI akan menggunakan motor bermesin Triumph dengan kapasitas 765cc, yang dipakai oleh seluruh tim Moto2. Kendati menggunakan mesin yang sama dari pemasok tunggal, setiap tim boleh memakai sasis yang berbeda seperti Kalex, MV Agussta, NTS dan Speed Up.

Tahun depan juga akan menjadi sejarah bagi Indonesia apabila Sirkuit Mandalika dapat secara resmi masuk dalam kalender MotoGP 2021 yang diproyeksikan terdiri dari 20 seri.

Saat ini sirkuit yang sedang dalam tahap pembangunan itu masih berstatus sirkuit cadangan di kalender provisional MotoGP 2021 bersama dengan Sirkuit Algarve di Portugal dan Igora Drive di Rusia.



www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com