JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

4 Pegawai RRI Solo Terpapar Covid-19, Langsung Lockdown, Siaran Relay dari Pusat, Total Kasus Corona di Solo 1.412

Ilustrasi virus corona. Foto: Pixabay.com
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Empat pegawai Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI Solo terpapar covid-19. Buntut dari itu, LPP RRI Solo tidak beroperasi sementara selama tiga hari ke depan dan mereka siaran langsung dari pusat.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Solo, Ahyani mengatakan, RRI Solo ditutup sementara mulai Selasa (10/11/2020) hingga Kamis (12/11/2020). Menurutnya, total dari empat kasus pegawai positif covid-19 di RRI Solo tersebut salah satunya merupakan induk kasus, sedangkan tiga lainnya hasil tracing dari pegawai tersebut.

“Yang positif ini merupakan pegawai yang juga berprofesi sebagai seniman. Dari hasil tracingnya, diketahui induk kasus ini sempat pergi ke luar kota dan pentas ketoprak secara virtual,” paparnya, Senin (9/11/2020) malam.

Baca Juga :  Terminal Tirtonadi Juara Pertama dalam Lomba Terminal Sehat Kementerian Kesehatan

Pegawai RRI Solo yang merupakan induk kasus tersebut awalnya memiliki gejala covid-19 kemudiam dilakukan pemeriksaan dan tes swab. Dari hasilnya keluar dia terkonfirmasi positif covid-19.

“Kemudian travibg dilakukan pada kontak erat dan dekat, menyasar pada 30 pegawai lainnya, dengan swan Sabtu (7/11/2020). Hasilnya, tiga karyawan lain turut tertular,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Stasiun LPP RRI Solo, Sjahbanah Bahdar mengungkapkan, standar operasional prosedur (SOP) LPP RRI ketika ada pegawai yang terpapar, maka siarannya terbatas dengan relay dari Jakarta.

“Artinya tidak ada siaran lokal untuk mengurangi aktivitas di kantor. Kasus awal pada 28 Oktober lalu, ada kegiatan pentas di Sriwedari. Namun tidak tahu pasti ini tertular darimana. Setelah itu pegawai kami agak kurang enak badan. Dia punya inisiatif periksa dan swab lalu hasilnya keluar. Kemudian kami mengambil langkah untuk lapor ke Satgas untuk seluruh peserta yang ikut ketoprak sekitar 40an orang ikut swab semua dan hasilnya tiga positif,” urainya.

Baca Juga :  Togog dan Katno, Rekan "Bisnis" Pencuri-Penadah Ini Akhirnya Dibekuk Reskrim Polsek Serengan Solo

Sementara itu, jumlah kasus positif covid-19 di Solo terus bertambah. Per Senin (9/11/2020), terdapat tambahan 32 kasus baru. Tambahan kasus tersebut terdiri dari 10 pasien suspek naik kelas dan 22 tracing kontak dari 8 induk kasus.

Dengan penambahan tersebut, maka jumlah kumulatif kasus Covid-19 di Kota Solo menjadi 1.412, orang dengan perincian, 955 pulang/sembuh, 320 isolasi mandiri, 80 dirawat inap, dan 57 meninggal dunia. Prihatsari