JOGLOSEMARNEWS.COM Market Ekbis

Saingi WhatsApp dan iMessage, Telegram Lakukan 6 Pembaruan Ini

Fitur baru pada Telegram, filter pencarian (kiri) dan saluran komentar (kanan) / telegram / tempo.co
   
Fitur baru pada Telegram, filter pencarian (kiri) dan saluran komentar (kanan) / telegram / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Tak mau kalah dengan WhatsApp milik Facebook dan iMessage milik Apple, aplikasi Telegram kini melakukan pembaruan dengan menghadirkan beberapa fitur baru.

Gizmochina, 1 November 2020 melaporkan, dengan melakukan pembaruan tersebut, pengguna aplikasi Telegram dapat menyematkan pesan, membagikan lokasi, memiliki daftar putar, statistik, animasi, dan emoji baru.

Berikut detail dari fitur-fitur Telegram versi 7.2 yang sekarang tersedia di App Store dan Google Play Store untuk perangkat Android dan iOS,

1. Pesan Disematkan 2.0

Dengan pembaruan baru, pengguna sekarang dapat menyematkan (attach) beberapa pesan dalam obrolan. Mereka dapat beralih di antara mereka dengan mengetuk di bilah atas atau melihat semuanya di laman terpisah dengan mengetuk tombol baru yang terletak di sisi kanan bilah atas pesan.

Pada WhatsApp, yang disematkan adalah kontak agar berada di atas. Telegram lebih fokus pada pesan. Selain saluran dan grup, pesan yang disematkan sekarang juga berfungsi dalam obrolan di jalur pribadi atau satu lawan satu.

2. Lokasi Langsung 2.0

Fitur lokasi langsung sekarang memungkinkan pengguna untuk mengatur peringatan ketika mereka mendekati teman yang membagikan lokasi langsung mereka. Selain itu, ikon di peta sekarang menunjukkan ke arah mana mereka menghadap. Jika dilihat dari fungsinya, fitur ini lebih berkembang dibandingkan yang ada di WhatsApp.

3. Playlist

Saat pengguna berbagi banyak lagu bersama ataupun pesan suara, Telegram sekarang akan secara otomatis menyusunnya dalam daftar putar (playlist). Karena itu, pengguna bisa langsung memutarnya di pemutar media bawaan. Selain itu, dalam kasus file, mereka akan digabungkan menjadi satu dalam file obrolan seperti album foto.

Cara kerjanya adalah saat beberapa lagu dikirim sekaligus, lagu akan disusun bersama dalam playlist, membuatnya lebih mudah untuk didengarkan, dikomentari, dan diteruskan. Membuka salah satu lagu akan mengantrekannya di pemutar media bawaan Telegram, atau memungkinkan juga untuk memilih setiap lagu satu per satu.

4. Statistik Postingan

Pengguna sekarang memiliki akses ke statistik postingan individu di jalur atau saluran serta daftar grup ke mana posting itu diteruskan. Ini jelas akan membantu banyak akun karena pengguna dapat mengetahui lebih banyak tentang performa postingan mereka.

5. Animasi

Pembaruan juga menghadirkan animasi baru di Android untuk mengirim pesan dan berpindah lagu di pemutar musik. Tidak hanya itu, pengguna Android kini dapat mengedit gambar dalam mode tampilan dan membagikannya tanpa mengunduh-unggah.

6. Emoji

Terakhir, pembaruan aplikasi asal Rusia ini juga menghadirkan emoji animasi seram baru Halloween bersama dengan emoji animasi Jackpot.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com