JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Tak Punya Uang Untuk Makan atau Nginap di Hotel, Silakan Mampir ke Masjid Raya Al-Falah Sragen. Tiap Hari Sediakan 100 Porsi Makan Gratis dan 12 Kasur Untuk Tidur 24 Jam Nonstop Lho!

Jemaah saat menikmati menu makanan gratis di Masjid Al Falah Sragen. Foto/Sragen


Institut Sains Teknologi Kra
Institut Sains Teknologi Kra
Institut Sains Teknologi Kra
Jemaah saat menikmati menu makanan gratis di Masjid Al Falah Sragen. Foto/Sragen

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi corona atau covid-19, Masjid Raya Al-Falah Sragen kembali menggulirkan program mengesankan.

Manajemen masjid terbesar di Sragen itu menyediakan menu makan gratis setiap hari untuk umat Islam dan jemaah yang beribadah di masjid itu.

Program makan gratis ini dilakukan sebagai bentuk solusi kepedulian terhadap umat muslim yang saat ini tengah mengalami kesulitan akibat Covid-19.

Sebanyak 100 porsi makanan setiap hari disediakan di halaman masjid raya Al Falah Sragen, masyarakat di perbolehkan makan sepuasnya.

Kemudian di ahad pekan pertama setiap bulan, jumlah menu yang disediakan sebanyak 1000 porsi.

Berbagai menu dan sayur-sayuran disediakan mulai menu soto, sayur bening, sayur asam, sayur terong dan lainnya. Sementara untuk minuman masjid ini menyediakan teh anget dan air mineral disediakan pihak masjid.

“Semua gratis untuk umat Islam yang datang ke masjid,” papar Direktur Badan Usaha  Milik Masjid ( BUMM ) Al Falah Anas Sayyidina, kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , kemarin.

Tempat menu gratis di Masjid Al Falah Sragen. Siapa saja boleh ambil gratis dan isi menu. Foto/Wardoyo

Anas menguraikan program makan gratis di masjid Al Falah sudah berlangsung sejak Corona melanda Sragen tujuh bulan silam.

Baca Juga :  Dipanggil Polisi, Kasi Trantib Mendadak Diminta Cabut Laporan Kasus Baliho Enak Jaman PKI Buatan Kades Jenar. Mengaku Masih Ogah, Ini Alasannya!

“Konsepnya setiap hari kami menyediakan 100 porsi makan gratis. Selain itu sebulan sekali kami menyediakan 1000 porsi bagi jamaah yang berkung ke masjid al Falah, dan monggo bagi seluruh jamaah yang ke sini bisa mengambil silahkan,” bebernya.

Menurutnya, pemberian makan gratis di masjid Al Falah tersebut sebagai bentuk solusi bagi umat Islam yang berada di Sragen maupun yang datang ke Sragen.

Sebab situasi pandemi diyakini telah menghadirkan kesulitan bagi masyarakat. Mulai dari pelaku usaha yang mungkin pendapatannya menurun, pekerja terkena PHK atau kesulitan mencari nafkah.

“Maka ini ada warung makan gratis ini sedikit mambantu mereka untuk makan sehari-hari,” ujarnya.

Selain itu, masjid yang berada di tengah Kota Sragen itu juga menyediakan tempat tidur gratis bagi umat islam yang melakukan perjalanan jauh dan membutuhkan tempat istirahat.

Tempat tidur yang disediakan gratis bagi musyafir di Masjid Al Falah Sragen. Foto/Wardoyo

Ada 12 tempat tidur atau bed yang tersedia dan bisa digunakan untuk beristirahat bagi musafir yang tak punya ongkos untuk menginap di hotel atau penginapan.

“Alhamdulilah kami mendapatkan kepercayaan dari jamaah ada bantuan kasur sebanyak 12 lebih. Kami menyediakan tempat menginap sebentar buka 24 jam. Monggo silahkan mampir,” imbuhnya.

Baca Juga :  Masih Meroket, 185 Warga Sragen Positif dan 6 Meninggal Hari Ini. Jumlah Kasus Covid-19 Tembus 13.953 dan 784 Meninggal Dunia

Salah satu jemaah, Rendy (20) warga Desa Jetak, Sidoharjo, Sragen mengaku baru pertama kali makan gratis di masjid Al Falah Sragen. Ia mengaku salut dengan program peduli yang dilakukan manajemen masjid raya itu.

“Ini sangat membantu masyarakat. Tadi saya salat dulu baru makan. Ini saya baru pertama makan di sini bareng keluarga. Tadi saya ambil menu makan soto,” ucapnya. Wardoyo