JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Internasional

Tiga Jemaah Umrah Asal Indonesia Dinyatakan Positif Covid-19 saat Tiba di Arab Saudi dan Harus Dikarantina Sepekan di Kamar Hotel

Tangkapan layar video suasana Tawaf di Mekkah dalam rangkaian ibadah haji tahun ini yang memberlakukan social distancing. Foto: Twitter
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

JEDDAH, JOGLOSEMARNEWS.COM Tiga jemaah umrah asal Indonesia dilaporkan positif Covid-19 usai tiba di Arab Saudi. Ketiganya kini harus menjalani karantina selama setidaknya satu pekan sebelum melanjutkan ibadah umrah.

Kabar tentang kondisi tiga jemaah asal Indonesia yang positif Covid-19 itu juga telah dikonfirmasi kebenarannya oleh Konsul Jenderal RI di Jeddah, Eko Hartono. “Iya (positif Covid-19). Mereka sekarang menjalani karantina tujuh hari di kamar hotel di Mekkah,” ujarnya seperti dikutip Liputan6.com, Kamis (5/11/2020).

Ditambahkan Eko, ketiga jemaah tersebut harus dinyatakan negatif melalui tes swab sebelum diperbolehkan menjalankan ibadah umrah. Menurutnya, hingga saat ini belum diketahui dari mana ketiga jemaah umrah asal Indonesia itu terpapar virus corona.

Baca Juga :  Korban Meninggal di Sragen Terus Berjatuhan, 2 Warga Sambirejo dan Masaran Kembali Tak Terselamatkan. Total Sudah 107 Warga Meninggal

“Mereka juga akan di tes swab kembali. Setelah negatif, baru diperbolehkan menjalankan ibadah umrah. Kalau sumber penularan ya susah. Yang jelas mereka terdeteksi positif dan otoritas Saudi meminta mereka untuk isolasi,” kata Eko.

Sementara itu, disampaikan Konsul Haji di KJRI Jeddah, Endang Jumali, ketiga jemaah umrah WNI yang dinyatakan positif itu, sebelumnya sudah menjalani tes Covid-19 di Indonesia dan hasilnya negatif.

“Kemungkinan pada saat di Indonesia symptoms (gejala) belum muncul, dan sebagai bentuk keseriusan Pemerintah Arab Saudi dalam penanganan kasus corona Covid-19 mereka melakukan tes ulang,” ujar Endang.

Menurut Endang, ketiga jemaah yang positif Covid-19 itu tidak memiliki gejala apa pun dan dalam kondisi baik. “Yang bersangkutan sudah diisolasi sebagaimana ketentuan edaran kementerian haji dan presentasinya kecil dari 300-an jemaah hanya tiga orang saja (yang positif),” tambahnya.

Baca Juga :  Berikut Daftar 11 Warga Sragen yang Positif dan 1 Meninggal Terpapar Covid-19 Hari Ini. Ada Bocah Umur 8 Tahun di Kalijambe!

Indonesia telah kembali memberangkatkan warga negaranya untuk melaksanakan ibadah umrah menyusul Pemerintah Arab Saudi yang mulai kembali menerima jemaah dari luar negeri pada 1 November 2020 lalu.

Sebanyak 224 calon jemaah umrah asal Indonesia diberangkatkan dari Bandara Soekarno Hatta dan tiba di Bandara Internasional King Abdul Aziz di Jeddah, pada Minggu (1/11/2020) lalu sekitar pukul 18.00 waktu Saudi. Rombongan jemaah asal Indonesia menjadi yang kedua setelah rombongan asal Pakistan dengan 38 jemaah. Liputan 6