JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Zulkarnaen, Teroris Kelahiran Masaran Sragen Yang Ditangkap Densus 88 di Lampung Ternyata Punya 5 Nama. Nama Aslinya Aris Sumarsono

Kadiv Humas Polri Inspektur Jenderal Polisi Argo Yuwono. Dok Polri
   

 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM -Tim Detasemen Khusus atau Densus 88 Antiteror berhasil menangkap seorang terduga teroris bernama Zulkarnaen (57) di Lampung.

Teroris kelahiran Desa Gebang, Masaran Sragen itu dibekuk usai buron selama 20 tahun.

Zulkarnaen disergap dalam sebuah penggerebekan di Gang Kolibri, Toto Harjo, Purbolinggo, Kabupaten Lampung Timur, Lampung.

Dari data Mabes Polri, pria asal Desa Gebang, Kecamatan Masaran, Sragen itu dikenal memiliki lima nama. Selain Zulkarnaen, ia juga dikenal dengan nama lain Aris Sumarsono alias Daud alias Zaenal Arifin alias Abdulrahman itu.

Baca Juga :  Sragen Award 2024: Inovasi, Teknologi, dan Masa Depan Sragen

“Penangkapan tanpa perlawanan,” kata Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Raden Prabowo Argo Yuwono kepada Sabtu, 12 Desember 2020.

Zulkarnaen merupakan buronan terkait kasus teror Bom Bali 1. Argo mengatakan terduga teroris asal Sragen, Jawa Tengah ini pernah menempuh pendidikan selama empat semester pada tahun 1982 di Fakultas Biologi sebuah kampus di Yogyakarta.

Baca Juga :  Geger di Jembatan Gunung Kemukus Sragen, Warga Menemukan Pria Tanpa Identitas Dalam Kondisi Sakit, Polisi Dibantu Warga Lakukan Evakuasi

Zulkarnaen diduga berperan dalam menyembunyikan Upik Lawangan alias Taufik Bulaga alias Udin.

“Zulkarnain adalah panglima askari Jamaah Islamiyah ketika bom Bali 1,” kata Argo.

Upik telah lebih dulu ditangkap Densus 88 di Kabupaten Lampung Tengah, Lampung pada 23 November 2020.

Selain itu, Polisi menyebut Zulkarnaen menyaipkan semacam pelatihan khusus membuat bom dan terlibat konflik-konflik di Poso dan Ambon. (Tempo.co/Wardoyo)

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com