JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Sambangi Karanganyar, Menteri Pertanian Bagi-Bagi Bantuan Bibit Kelapa ke Semua Warga. Bermimpi ke Depan Ada Pabrik Pengolah Kelapa di Karanganyar

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat memberikan bantuan ke Karanganyar, Sabtu (19/12/2020). Foto/Beni

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM -Untuk kedua kalinya berkunjung di Kabupaten Karanganyar, Jateng Sabtu (19/12) Menteri Pertanian Ad Interim Menteri Kelautan dan Perikanan, Syahrul Yasin Limpo kembali bagi-bagi bantuan sarana produksi pertanian.

Kali ini Mentan membagikan bantuan satu pohon kelapa untuk seluruh warga Karanganyar dengan target kelak bisa berdiri pabrik pengolah kelapa di Karanganyar.

Bukan hanya itu saja pada kunjungan di Desa Kragan, Gondangrejo ini Mentan juga memberikan bantuan lainnya yakni bantuan itik, benih ikan nila, lele serta pohon jeruk.

Semua bantuan dalam jumlah besar itu diproyeksikan mampu mendongkrak produksi pertanian dan perikanan rakyat.

“Saya akan berikan bantuan pohon kelapa untuk setiap rumah satu pohon bagi seluruh warga Karanganyar. Dan dalam waktu dekat akan saya buat MoU dengan Bupati Karanganyar tentang bantuan tersebut,” tandas Mentan dalam pidato sambutan pada acara kunjungan tersebut, Sabtu (19/12/2020).

Baca Juga :  Wow, Diam-Diam Dalang Kondang Ki Manteb Sudarsono Dukung Banget Komjen Listyo Sigit Jadi Kapolri. Disebut Punya Karakter Seperti Werkudoro!

Untuk itu, Mentan meminta semua Camat dan Kades di Kabupaten Karanganyar turut serta mengawasinya. Secara teknis perjanjian MoU secepatnya dilakukan dan segera realisasi.

Dijelaskan Mentan, secara demografis Karanganyar memiliki modal alam unggul. Sehingga pihaknya menggenjot bantuan agar produksi sektor pertanian dan perikanan di Karanganyar unggul.

Untuk itu ia juga melakukan penanaman percontohan bibit padi unggul di Karanganyar yaitu bibit padi P400 yang memiliki keunggulan kwantitas panen yaitu 1 Ha bisa panen sebanyak 10 ton dengan jangka waktu 100 hari.

Baca Juga :  Geger Pernikahan Berujung Petaka di Karanganyar, Pengantinnya Positif Terpapar Covid-19, 7 Keluarganya Juga Tertular Positif. Puluhan Pelayan yang Rewang Ketahuan Ikut Positif, Tamu-Tamunya Bagaimana?

“Kita perkenalkan juga bibit unggul ini semoga cocok untuk Karanganyar seperti daerah lainnya sukses produk pertanian dan perikanan,” lanjutnya.

Sementara itu, Bupati Karanganyar Juliyatmono mengaku senang atas perhatian khusus serta komitmen Mentan dalam mendongkrak sektor pertanian dan perikanan di Karanganyar.

Bupati pun menyambut dengan menekankan kepada semua petani, kelompok tani, Bumdes bisa bersinergi memanfaatkan bantuan tersebut.

“Kehadiran Pak Menteri Pertanian ini menjadi berkah bagi warga Karanganyar karena komitmennya membantu memajukan pertanian di Karanganyar,” ujarnya.

Menurut Bupati bantuan Mentan luar biasa menujukkan rasa cintanya pada Karanganyar. Bupati berkomitmen mendorong petani di Karanganyar untuk bisa optimal menyambut bantuan tersebut. Beni Indra