JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Laboratorium Anti Doping Pertama di Indonesia Akan Dibangun di Solo

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainal Amali melakukan tinjauan ke lahan yang akan dibangun laboratorium anti doping tersebut, Jumat (18/12/2020) sore. Istimewa
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Laboratorium anti doping pertama di Indonesia akan dibangun di Kota Solo. Laboratorium tersebut dibangun Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) kerjasama dengan Kementerian Kesehatan.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainal Amali melakukan tinjauan ke lahan yang akan dibangun laboratorium anti doping tersebut, Jumat (18/12/2020) sore. Rencananya, laboratorium anti doping akan dibangun di kompleks RS Ortopedi Prof Dr R Soeharso Solo dimana RS tersebut merupakan milik Kemenkes.

Baca Juga :  PPJI Komitmen Kembangkan Restoran Indonesia di Luar Negeri

“Latar belakang pembangunan laboratorium ini, karena dewasa ini banyak event olahraga baik skala nasional ataupun internasional diadakan di Solo. Dan dalam kegiatan tersebut, pemeriksaan sampel anti doping selalu dikirim ke luar negeri,” paparnya.

Zainudin menambahkan, pembangunan laboratorium anti doping di Indonesia ini merupakan satu sejarah baru buat bangsa.

“Ke depan diharapkan laboratorium ini dapat menjadi rujukan negara lain setidaknya di Asia Pasifik. Yang tadinya kita banyak mengirim sampel pemeriksaan ke luar negeri, sekarang diharapkan kebalikannya, kita menerima devisa dari laboratorium ini,” imbuhnya.

Baca Juga :  Raih 5 Kursi DPRD, Gerindra Tetap PeDe Buka Penjaringan Balon Cawalkot Solo 2024

Sementara itu, laboratorium anti doping rencananya akan dibangun di atas lahan seluas 700 meter persegi. Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Kementerian Kesehatan, Rita Rogayah menambahkan, pertimbangan sejarah menjadi salah satu alasan dipilihnya Kota Solo untuk membangun laboratorium anti doping tersebut. Seperti diketahui, Kota Solo merupakan venue PON I Tahun 1948. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com