JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Dibantu Benih Ikan dari Endang Maria, Kelompok Pemuda Tani Kedunggatot Jirapan Rintis Budidaya Ikan Karamba di Sungai Kedunggatot. Bermimpi Bisa Wujudkan Desa Wisata

Anggota DPR RI, Endang Maria Astuti bersama kelompok pemuda tani Kedunggatot saat menebar benih ikan di sungai setempat, Minggu (20/12/2020). Foto/Wardoyo


SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Geliat pemberdayaan potensi desa mulai ditunjukkan sejumlah desa di Sragen. Setelah potensi wisata buah di Desa Kaliwedi Gondang, kali ini kelompok pemuda tani di Desa Jirapan, Kecamatan Masaran juga mulai unjuk potensi.

Mereka mulai merintis budidaya ikan karamba dengan memanfaatkan aliran Sungai Kedunggatot di wilayah setempat. Rintisan itu langsung disambut positif dari salah satu anggota DPR RI asal Golkar Dapil Jateng VI, Endang Maria Astuti.

Legislator yang duduk di Komisi VIII itu secara khusus memberikan atensinya terhadap kelompok pemuda tani Kedunggatot. Endang langsung terjun untuk memberikan bantuan benih ikan untuk ditebar di lokasi budidaya pada acara serap aspirasi, Minggu (20/12/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Endang sempat melakukan dialog interaktif dengan warga dan kelompok pemuda tani setempat.

Ia juga menyambangi displai produk UMKM dari kelompok setempat. Mulai dari produk telur asin, kripik gatot, kripik jamur, intip nasi, alat tulis hingga konveksi.

Endang juga memberikan bantuan benih ikan yang ditebar di lokasi budidaya kelompok. Tak lupa ia memberikan ilmu wirausaha dengan menggandeng mentor pakar UMKM yakni Yustinus Dwi Atmojo.

Baca Juga :  3 Periode Mangkrak, Mimpi Warga Katelan Tangen Miliki Jembatan Lingkar Kini Bangkit Kembali. Didanai Rp 200 Juta, Diproyeksikan Tambah Embung untuk Wisata

Inisiator kegiatan sekaligus Kadus Jirapan, Setyo Widodo kehadiran legislator Endang Maria ke Jirapan memang menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga maupun kelompok pemuda tani.

Terlebih kehadiran Endang dilakukan di bulan Desember yang sekaligus menjadi bulan istimewa bagi perjalanan pemerintahan desa.

“Bulan Desember tepatnya tanggal 18 tahun 2014 silam adalah hari bersejarah buat Desa Nusantara. Karena tanggal itu merupakan lahirnya UU Desa yang kebetulan pengetok palunya kolega Bu Endang Maria yakni Pak Priyo Budi Santoso yang kala itu menjabat Ketua DPR dari Golkar,” papar Setyo kepada JOGLOSEMARNEWS.COM .

Menurutnya, di bulan Desember juga terasa istimewa mengingat pertama kali seorang anggota DPR RI mendatangi Desa Jirapan.

Agenda serap aspirasi ditutup dengan penebaran benih ikan bersama kelompok pemuda tani Putra Kedunggatot.

Anggota DPR RI Endang Maria Astuti berpose bersama tokoh dan kelompok pemuda tani Kedunggatot, Jirapan, Masaran dalam serap aspirasi, Minggu (20/12/2020). Foto/Wardoyo

Ketua kelompok, Suripto membeberkan ide memanfaatkan sungai untuk kolam ikan sebenarnya sudah lama dicanangkan. Namun baru terealisasi karena sinergitas yang baik dengan Kadus yang saat ini menjabat.

Baca Juga :  Dengar Bansosnya Diblokir Kalau Belum Vaksin, Nenek-Nenek di Sragen Langsung Nangis Histeris. Bupati Akhirnya Tak Tega

Pemuda tani Putra Kedunggatot merupakan kelompok kolektif kolegial yang mengakomodir pemuda di 4 dukuh di RW 04.

Menurutnya dari budidaya ikan keramba itulah ada gagasan besar untuk mengembangkannya menuju Desa Wisata.

“Sehingga bisa memberdayakan penduduk sekitarnya. Legalitas hukum sudah ada, harapannya ada perhatian dinas terkait untuk mendampingi dan mendukung upaya tersebut agar mimpi kelompok pemuda tani dan warga bisa terwujud,” tandasnya. Wardoyo