JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Ini Loh Kinerja DPRD Wonogiri Selama Oktober Hingga Desember 2020, Ternyata Ada 1 Gagasan Ketua Dewan yang Belum Terlaksana

Pers rilis capaian kinerja DPRD Wonogiri. Dok. Setwan

IMG 20201223 WA0048
Pers rilis capaian kinerja DPRD Wonogiri. Dok. Setwan

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Ketua DPRD Wonogiri Sriyono membeberkan capaian kinerja lembaga yang dipimpinnya selama Oktober-Desember 2020.

Secara prinsip menurut dia, tugas dan fungsi telah berjalan dengan capaian positif. Hanya saja ada satu gagasan yang belum tercapai terkait penyediaan persroom di DPRD Wonogiri.

“Kewajiban kami selama Oktober hingga Desember sudah clear dan rapat paripurna hari ini menutup agenda kami di 2020,” ungkap Ketua DPRD Wonogiri, Sriyono, Rabu (23/12/2020).

Menurut dia, DPRD Wonogiri dan pemkab telah menyetujui bersama Raperda tentang Perubahan APBD Kabupaten Wonogiri Tahun Anggaran 2020, dan telah ditetapkan menjadi Perda pada Rapat Paripurna DPRD 6 Oktober lalu. Disusul pembahasan Raperda tentang APBD Kabupaten Wonogiri Tahun Anggaran (TA) 2021. Hasil evaluasi Gubernur Jawa Tengah terhadap Raperda tentang APBD Wonogiri TA 2021 telah dibahas dan disetujui bersama untuk ditetapkan menjadi Perda pada rapat paripurna.

Baca Juga :  Tak Hanya Sekali, Dalam Sehari Satpol PP dan Tim Gabungan Gelar 2 Kali Razia Penerapan Protokol Kesehatan dan Ketaatan SE Bupati Selama PSBB alias PPKM di Wonogiri

DPRD Wonogiri juga melakukan pembahasan Raperda di bulan Desember yakni tiga Raperda Hasil Evaluasi Gubernur Jawa Tengah. Pembahasan tiga Raperda Hasil Evaluasi Gubernur Jawa Tengah telah rampung dilakukan pembahasannya oleh Panitia Khusus I dan telah mendapatkan persetujuan untuk ditetapkan menjadi Perda.

Selain itu, dilakukan pembahasan dua Raperda inisiatif DPRD dan satu Raperda inisiatif eksekutif. Pembahasan dua Raperda inisiatif DPRD telah selesai dibahas oleh Pansus II dan pembahasan satu Raperda inisiatif eksekutif telah selesai dibahas oleh Pansus III. Ketiga Raperda itu saat ini baru dimohonkan fasilitasi kepada Gubernur Jawa Tengah, sehingga Paripurna Persetujuan untuk ditetapkan menjadi Perda menunggu fasilitas.

Baca Juga :  Ruang Isolasi RS Penuh Ketua DPRD Wonogiri Sriyono Minta Siagakan Tempat Isolasi Tersendiri, Singgung Pula Soal Pengadaan PCR

“Itulah capaian kinerja kami di DPRD Wonogiri selama 2020.Semoga Wonogiri kedepan bisa lebih maju, mandiri dan sejahtera.Untuk itu kami membuka pintu koordinasi. Supaya, dewan dan pemkab lebih sinergi,” beber dia.

Sriyono juga menyinggung soal rencana membangun persroom bagi kalangan jurnalis yang selama ini meliput dan memberitakan kinerja dewan. Namun begitu, rencana itu belum dapat terealisasi lantaran ada keterbatasan.

Sriyono menyatakan permohonan maafnya lantaran gagasan itu belum dapat tercapai. Selain persroom, ada sejumlah legislator yang kini juga belum memiliki ruang tersendiri. Salah satunya adalah untuk ruang Bapomperda. Sehingga, ketika mereka bekerja terpaksa harus nunut di ruang komisi. Aria