JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Profil Yaqut Cholil Qoumas, Ketua GP Anshor yang Ditunjuk Presiden Jokowi Jabat Menteri Agama Gantikan Fachrul Razi

Yaqut Cholil Qoumas ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Agama. Foto: Instagram

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Presiden Joko Widodo akhirnya mengumumkan perombakan atau reshuffle di kabinet Indonesia Maju. Bertempat di Istana Negara, pada Selasa (22/12/2020), Presiden Jokowi memperkenalkan enam calon menteri barunya.

Salah satu nama yang diperkenalkan oleh Jokowi adalah Yaqut Cholil Qoumas. Ketua Umum Gerakan Pemuda (GP) Ansor itu dipercaya sebagai Menteri Agama RI, menggantikan Fachrul Razi.

Yaqut adalah putra dari KH Muhammad Cholil Bisri, salah satu pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Lahir dari keluarga pendiri dan tokoh Nahdlatul Ulama (NU), sejak muda Yaqut telah aktif berorganisasi.

Baca Juga :  Lewat Seleksi Lelang Jabatan, Bupati Bangkalan Minta Fee Hingga Rp 150 Juta bagi yang Ingin Lulus

Pada 2005, Yaqut mencalonkan diri menjadi Wakil Bupati dan terpilih menjadi Wakil Bupati Rembang (2005-2010).

Pada 2011, Yaqut semakin aktif berorganisasi dan dipercaya memimpin organisasi sayap kepemudaan dari PKB, sebagai Ketua PP GP Ansor selama dua periode, yakni pada 2011 hingga 2020.

Baca Juga :  Ferdy Sambo Akan Berhadapan Langsung dengan Bharada E dalam Sidang Hari Ini

Yaqut atau yang lebih dikenal dengan panggilan Gus Tutut juga pernah mengabdi sebagai anggota DPR RI periode 2014-2019 dari PKB. Ia dilantik sebagai anggota DPR dalam pergantian antarwaktu (PAW), menggantikan Hanif Dhakiri yang dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Tenaga Kerja.

Kemudian dalam Pemilu Legislatif 2019, Yaqut kembali mencalonkan diri kembali dan terpilih menjadi anggota DPR RI untuk masa bakti 2019-2024.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com