JOGLOSEMARNEWS.COM Wisata Piknik

Larung Agung Pantai Sembukan Kecamatan Paranggupito Wonogiri, Diprakarsai Mantan Bupati Begug Poernomosidi, Ternyata Untuk Mendoakan Pandemi Berakhir dan NKRI Jaya

Prosesi Larung Agung di Pantai Sembukan Paranggupito Wonogiri. Foto : Dok. Panitia
   
Prosesi Larung Agung di Pantai Sembukan Paranggupito Wonogiri. Foto : Dok. Panitia

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM Mantan Bupati Wonogiri Begug Poernomosidi memrakarsai dan memimpin Larung Agung di Pantai Sembukan Kecamatan Paranggupito Wonogiri, Selasa (22/12/2020).

Larung agung sengaja digelar bukan tanpa sebab. Tujuannya supaya Indonesia rukun dan pengharapan agar pandemi COVID-19 segera berakhir.

Dia mengatakan pihaknya melarung sesaji langsung ke Laut Selatan di Pantai Sembukan Kecamatan Paranggupito.

“Kita ini tim spiritual. Kita doakan supaya di negeri ini tetap rukun. Tidak terjadi perang saudara, persatuan NKRI dan Pancasila tetap terjaga,” ungkap dia.

Sebagai tim spiritual, pihaknya tidak bisa membantu dengan cara selain doa dan tirakat yang dilakukan. Dia mengaku sudah melakukan doa dan tirakat di Demak dan Gunung Lawu sebelum ke Pantai Sembukan.

Baca Juga :  Operasi Ketupat Candi 2024 Selesai, Hasilnya?

“Dari sini kita harapkan bisa mengangkat Indonesia menjadi negara yang betul-betul aman, sejahtera, guyub rukun dan kembali kepada kejayaan. Selain itu agar pageblug pandemi COVID-19 segera berlalu,” beber dia.

Acara dimulai pada pukul 15.00. Saat itu, Begug mulai melakukan meditasi di pinggir laut. Dia menceritakan nyaris terbawa ombak besar saat bermeditasi.
Setelah itu, barulah sesaji yang telah disiapkan dilarung. Sesaji itu berupa tumpeng dan juga hasil bumi masyarakat setempat.

Baca Juga :  Keren, Hari Pertama Masuk Sekolah Usai Libur Lebaran 2024 Langsung Gelar PSN

Menurut dia, upaya untuk mengangkat Indonesia menjadi lebih maju tak hanya lewat upaya-upaya fisik. Upaya lewat spiritual yakni dalam wujud doa juga harus dilakukan. Dengan begitu negara ini bisa menjadi rukun, sejahtera lahir dan batin.

Selain Larung Agung, turut diadakan acara lain setelahnya. Selasa malam, digelar wayangan di sekitar Pantai Sembukan. Meskipun begitu, acara hanya digelar secara terbatas dan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Relawan pun sudah bersiaga di pintu masuk area Pantai Sembukan. Aria

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com