JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Sudah Ada 2 Nama Bakal Calon Kapolri Pengganti Idham Aziz yang Akan Pensiun

Neta S Pane / tribunnews
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sejauh ini setidaknya sudah ada dua orang kandidat calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis. Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S. Pane mengatakan dua nama itu sedang dipertimbangkan pihak istana.

“Saat ini kalangan istana sedang mempertimbangkan dua nama bakal calon Kapolri sebagai calon kuat pengganti Idham Azis,” kata Neta saat dihubungi Sabtu (19/12/2020).

Baca Juga :  Diduga Catut Nama Dosen di Malaysia, Prof Kumba Akhirnya Mundur dari Jabatan Dekan FEB Unas

Hanya saja, ia enggan memaparkan nama-nama tersebut. 

Neta memperkirakan satu nama calon Kapolri akan disodorkan ke Komisi III DPR pada pertengahan Januari 2021 untuk mengikuti uji kepatutan.

Neta mengatakan, Presiden mesti memproses pengganti Idham Azis minimal 20 hari sebelum Idham Azis pensiun. Adapun Idham akan pensiun pada Februari 2021.

IPW berharap proses pencalonan Kapolri tetap melalui prosedur yang baku. Proses, kata dia, harus melalui Komisi Kepolisian Nasional yang mengusulkan nama. Lalu, Dewan Kebijakan Tinggi Polri juga mengusulkan nama bakal calon ke presiden.

Baca Juga :  Baru di Pilpres 2024 Ini MK Terima Amicus Curiae Paling Banyak

“Tidak seperti saat Idham Azis menjadi Kapolri, yang tidak melalui proses Wanjakti. Nama Idham Azis diperoleh Presiden hanya melalui usulan Kompolnas,” kata dia.

Meski menyebut adanya dua bakal calon kuat, Neta enggan menyebutkan nama tersebut.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com