JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Gencarkan Layanan Plasma Konvalesen, PMI Solo Gandeng Stakeholder

PMI Solo menyiapkan plasma konvalesen untuk digunakan sebagai bahan terapi pasien covid-19. istimewa
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Palang Merah Indonesia (PMI) Solo bekerjasama dengan stakehokder terkait untuk menggencarkan layanan plasma konvalesen. Seperti diketahui, layanan terapi plasma konsvalesen merupakan terapi terbaik saat ini yang dapat diterapkan pada pasien covid-19 dengan gejala berat.

Wakil Ketua Bidang Organisasi PMI Solo, Farid Sunarto mengatakan, PMI Solo mencatatkan sampai saat ini jumlah pendonor plasma konvalesen sebanyak 152 orang. Sedangkan jumlah permintaan plasma yang telah dilayani sebanyak 284.

Baca Juga :  Bayar Zakat Fitrah Makin Mudah, Ini Besaran dan Caranya

“Sebagaimana diketahui, satu kantong bisa dibagi dua. Dan jumlah pasien covid-19 yang telah terlayani dengan plasma ini sebanyak 144 orang pasien,” paparnya, Senin (18/1/2021).

Farid mengakui, sampai saat ini daftar tunggu permintaan plasma konvalesen di PMI Solo sebanyak 51 orang. Permintaan tersebut diantaranya untuk golongan darah A sebanyak 11 orang, golongan darah B sebanyak 19 orang, golongan darah O sebanyak 11 orang dan golongan darah AB sebanyak 10 orang.

Baca Juga :  Keluarkan SE THR untuk Ojol dan Kurir, Pemkot Solo: Sifatnya Imbauan, yang Memutuskan Aplikator

“Kita memang kekurangan pendonor plasma konvalesen. Untuk itu kita melakukan koordinasi dengan pihak terkait seperti Wali Kota Solo dan Dinas Kesehatan Kota Solo,” paparnya.

Melalui koordinasi tersebut, lanjut Farid, diharapkan mampu bergotong royong menj fkaykan jumlah pendonor plasma konvalesen.

“Termasuk dengan para penyintas covid-19. Harapannya pendonor plasma semakin banyak sehingga mampu memenuhi permintaan pasien covid-19 yang dirawat di RS dalam kondisi berat,” pungkasnya. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com