JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Ada 619 Pelanggaran Selama PSTKM di DIY

Kepala Satpol-PP DIY Noviar Rahmad / tribunnews
   

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Selama sembilan hari pemberlakuan kebijakan Pengetatan Secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PSTKM), ternyata masih ada pelanggaran yang ditemui oleh Gugus Tugas Bidang Penegakan Hukum di Kota Yogyakarta.

Koordinator Pengamanan dan Penegakan Hukum Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY, Noviar Rahmad mengatakan, secara akumulasi pihaknya telah menemukan 619 pelanggar aturan PSTKM di DIY.

“Total yang kami akumulasikan dari kabupaten kota dan provinsi semuanya ada 619,” terang Noviar kepada Tribun Jogja Selasa (19/1/2021).

Baca Juga :  Rumah Roboh di Nagan Kidul Yogya, Dua Pekerja Tertimpa Beton, 1 Tewas, 1 Patah Tulang

Dari jumlah itu, sebanyak 240 pelanggar mendapat surat peringatan (SP) pertama. Sedangkan 364 pelanggar mendapat teguran lisan.

Noviar mengungkapkan, sejauh ini telah ada 15 tempat usaha yang mendapat sanksi berupa penutupan operasional sementara selama 3×24 jam.

Sebabnya, pelanggar tersebut mengacuhkan SP yang pernah dilayangkan petugas.

Sehingga penutupan paksa dilakukan dengan menyegel tempat usaha dengan Satpol PP line.

“Rata-rata rata yang melanggar rumah makan. Kebanyakan pelanggaran ada di Kabupaten Bantul,” jelasnya.

Noviar melanjutkan, jenis pelanggaran yang paling banyak ditemui yakni terkait kepatuhan untuk mentaati batas operasional pelaku usaha pada pukul 19.00 WIB. Jumlahnya mencapai 348 pelanggaran.

Baca Juga :  Lagi Asyik Nonton Bola Indonesia Vs Irak, Kandang Sapi Milik Warga  Gunungkidul Ini Ludes Dilalap Api

“Sedangkan yang melanggar aturan keterisian rumah makan sebesar 25 persen dari total kapasitas, tercatat ada 237 pelanggaran,” tandasnya.

Terkait pembatasan aktivitas perkantoran, sejauh ini pihaknya telah menemukan 30 pelanggaran. Mayoritas ditemui di perkantoran swasta.

Selama PSTKM, perkantoran di lingkup pemerintah maupun swasta diwajibkan untuk menerapkan work from home dengan komposisi pembagian sebesar 75 persen dari keseluruhan pegawai.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com