JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Catat ya Tahap Awal Vaksinasi Baru Setengah Tenaga Kesehatan di Wonogiri yang Mendapatkan Jatah, Supaya Tidak Gaduh Pembagiannya Seperti ini Nanti

Ilustrasi vaksin Covid-19. Pixabay
   
Ilustrasi vaksin Covid-19. Pixabay

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM Vaksinasi tahap pertama di Wonogiri dikhususkan untuk para tenaga kesehatan.

Hanya saja lantaran keterbatasan kuota membuat tidak semua tenaga kesehatan di Wonogiri bisa menerima vaksinasi tahap pertama. Diperkirakan baru ada sekitar setengah dari total ribuan tenaga kesehatan di Wonogiri, yang akan mendapat jatah vaksin COVID-19.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo menjelaskan Pemkab saat ini telah mempersiapkan infrastruktur untuk mendukung proses vaksinasi tersebut.
Seluruh tenaga kesehatan di Wonogiri sudah didaftarkan ke Pemprov Jateng.

“Tahap awal vaksinasi ini, Wonogiri mendapat kuota 50 persen dari keseluruhan nakes yang kami miliki,” kata Bupati Wonogiri Joko Sutopo kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (6/1/2020).

Baca Juga :  Semarak Semangat Kartini Wonogiri Padukan Kreativitas dan Kemerdekaan Belajar

Menurutnya, jumlah nakes di Wonogiri, baik yang berstatus ASN, honorer atau swasta sebanyak 4.217 orang. Sedangkan jumlah vaksin yang akan diterima di tahap pertama sekitar 2.100-an dosis.

Dia mengatakan penyebaran kuota vaksin di Wonogiri berdasarkan pemetaan kasus COVID-19 di setiap kecamatan. Tenaga kesehatan yang bekerja di kecamatan yang kasus terkonfirmasi positif COVID-19 banyak, akan divaksin lebih awal. Pihaknya mengaku memiliki data dan pemetaan zona kecamatan yang memiliki risiko dan kasus tinggi.

Dengan sistem itu, menurut Bupati Wonogiri seharusnya tidak menimbulkan kegaduhan dan kecemburuan antar tenaga kesehatan. Atas kondisi ini pihaknya menyatakan telah melakukan fungsi koordinasi. Jadi, satu wilayah yang memiliki potensi tinggi persebaran Corona menjadi panduan pemberian vaksin di tahap awal ini.

Baca Juga :  Tertangkap Pencuri Kotak Amal Musola Nur Hikmah Sumberejo Eromoko, Ternyata Pernah Nyolong HP hingga Ternak

“Tugas kami memastikan sekaligus menyosialisasikan agar proses vaksinasi berjalan dengan sukses dan tidak ada kegaduhan. Maka dibutuhkan kebijakan yang terukur dan tidak mengundang spekulasi,” tutur dia.

Meski demikian pihaknya belum mengetahui kapan vaksin itu akan tiba di daerahnya. Namun untuk mekanisme pelaksanaan vaksinasi kepada para tenaga kesehatan di Wonogiri bisa dilakukan di setiap Puskesmas kecamatan. Mengingat wilayah Wonogiri yang cukup luas. Aria

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com