JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Jika Kasus Covid-19 Naik Terus, Wiku: Pemerintah Bakal Batasi Mobilitas Warga

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito. Foto: Dok BPNB/M Arfari Dwiatmodjo
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemerintah membuka kemungkinan untuk memberlakukan pembatasan mobilitas masyarakat, ย jika kasus positif Covid-19 terus meningkat.

Demikian dikatakan oleh juru bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito.

“Langkah terakhir yang dilakukan apabila kasus positif masih tinggi adalah dengan melakukan pembatasan mobilitas masyarakat,” ujar Wiku dalam konferensi pers virtual, Kamis (31/12/2020).

Wiku menyebut, mobilitas masyarakat yang tidak terkendali selama pandemi sangat berpotensi meningkatkan angka penularan.

Baca Juga :  Luhut Diminta Presiden Jokowi Koordinasikan Investasi Apple di IKN

“Oleh karena itu, pembatasan mobilisasi ini diharapkan dapat menekan penularan yang terjadi. Pembatasan atau pun pelarangan aktivitas sosial ekonomi masyarakat di suatu daerah ini merupakan aspek yang harus kita lakukan sejalan dengan naik-turunnya kasus Covid-19,” ujarnya.

Pembatasan mobilitas masyarakat sudah jauh-jauh hari diusulkan oleh sejumlah ahli epidemiologi. Sebab, tracing, testing, and treatment (3T) dan penerapan protokol kesehatan yang selama ini dilakukan pemerintah dinilai tidak cukup untuk meminimalisasi potensi ledakan kasus Covid-19 di awal 2021.

Baca Juga :  Tim Hukum Ganjar-Mahfud Serahkan Kesimpulan ke MK, Ini 5 Pelanggaran Fatal dalam Pilpres 2024

Kendati demikian, Wiku menyebut pembatasan mobilitas masyarakat merupakan langkah terakhir yang akan diambil.

Sampai saat ini, pemerintah masih akan melakukan langkah antisipasi melalui pengetatan penegakan disiplin protokol kesehatan dan penguatan 3T.

“Langkah terakhir yang dilakukan apabila kasus positif masih tinggi adalah dengan melakukan pembatasan mobilitas masyarakat,” ujarnya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com