JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Joko Sutopo Alias Jekek Tak Hadiri Penetapan Dirinya Sebagai Pemenang Pilkada Wonogiri 2020, Ternyata ini Penyebabnya

Ketua KPU Wonogiri Toto Sihsetyo Adi usai rapat pleno penetapan paslon terpilih. JSNews. Aris Arianto
   
Ketua KPU Wonogiri Toto Sihsetyo Adi usai rapat pleno penetapan paslon terpilih. JSNews. Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Penetapan pasangan Joko Sutopo-Setyo Sukarno sebagai bupati dan wakil bupati dalam Pilkada Wonogiri 2020, dilaksanakan KPU Wonogiri, Jumat (22/1/2021).

Hanya saja dalam penetapan itu Joko Sutopo tidak hadir. Lantas apa yang sesungguhnya terjadi?

“Awalnya penetapan dijadwalkan pada Sabtu (23/1), kemudian dari KPU diajukan pada Jumat. Padahal Pak Joko Sutopo Jumat ini ada acara ke luar kota. Sehingga tidak bisa hadir,” kata calon wakil bupati terpilih Setyo Sukarno saat dikonfirmasi wartawan.

Dalam acara rapat pleno penetapan itu, KPU Wonogiri menetapkan Joko Sutopo-Setyo Sukarno sebagai pemenang Pilkada Wonogiri 2020. Perolehan 484.262 suara atau 83,32 persen dari total suara sah. Penetapan pasangan cabup dan cawabup terpilih melalui penandatanganan berita acara serta Surat Keputusan (SK) KPU Wonogiri Nomor 2/PL.02.7-BA/3312/KPU-Ket/1/2021 tentang Penetapan Cabup dan Cawabup terpilih.

Baca Juga :  Waduh, Hanya Setengah Bulan Telah Terjadi 564 Kasus Pidana dan 877 Kecelakaan Lalulintas

“Sejak pencalonan kami telah menyusun visi dan misi untuk membangun Wonogiri untuk lebih maju. Visi dan misi itu selanjutnya akan dituangkan ke Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).Tapi yang jelas,penanganan COVID-19 dan vaksinasi tetap akan menjadi prioritas pada awal masa pemerintahan kami. Selain itu PPKM juga diperpanjang,” beber dia.

Pihaknya mengaku akan merangkul rival pada Pilkada lalu. Dia berharap,semua pihak dapat berperan serta dalam membangun Wonogiri ke depan agar lebih baik.

“Pilkada telah rampung.Kami mengucapkan terima kasih atas dukungannya kepada kami. Sekaligus memohon doa restu agara amanah yang diberikan kepada kami bisa dilaksanakan dengan baik,” ujar dia.

Baca Juga :  Turnamen Bola Voli Putra Manyaran Cup XVI 2024, Diikuti 45 Klub Catat Tanggal Mainnya

Sementara, Hartanto rival Joko Sutopo-Setyo Sukarno menyatakan bahwa Pilkada telah kelar. Dia mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang turut berpartisipasi dan mengucapkan selamat kepada cabup dan cawabup terpilih.

“Mudah-mudahan amanah yang diberikan masyarakat bisa diemban dengan baik. Sehingga Wonogiri bisa sejahtera, aman dan tentram. Jangan khawatir, saya tidak akan bikin gaduh. Saya sudah legawa,” imbuh dia.

Ketua KPU Wonogiri, Toto Sihsetyo Adi, mengatakan dalam PKPU tidak ada ketentuan yang mengharuskan paslon terpilih menghadiri penetapan. Bahkan apabila yang bersangkutan berhalangan hadir bisa mewakilkan. Aria

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com