JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Kasus Covid-19 di Solo Capai 5.133 Kasus, Vaksinasi Dimulai 14 Januari

Ilustrasi vaksin Covid-19. Pixabay

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo mencatatkan jumlah kasus positif covid-19 di Solo per Senin (4/01/2021) sore berada di angka 5.133. Dari jumlah tersebut, 3.455 orang diantaranya dinyatakan sembuh, 1.142 orang menjalani isolasi mandiri, 268 orang dirawat di RS dan 268 orang meninggal dunia.

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, menegaskan, sampai saat ini kasus penyebaran covid-19 di Solo masih belum terkendali. Namun demikian, pihaknya memastikan masih ada kamar di RS untuk menangani pasien covid-19 di Solo.

Baca Juga :  Habis Disuntik Vaksin Covid-19, 2 Orang di Solo Langsung Alami Gejala Ini. Dari Nyeri Sampai Nggliyer!

“Di RS seluruh Solo masih ada sekitar 155 bed yang kosong di seluruh RS di Solo. Jadi untuk rencana RS darurat masih belum dilanjutkan. Dan harapan kami itu masih akan mencukupi,” paparnya, Senin (4/01/2021).

Sementara itu, saat ini Pemkot Solo tengah menyiapkan program vaksinasi covid-19 untuk warga Solo. Namun untuk vaksinasi tahap pertama kali ini diprioritaskan bagi tenaga kesehatan.

“Tahap pertama nanti mulai 14 Januari. Semua sudah siap, 33 faskes sudah siap baik itu Puskesmas maupun RSUD. Kalau ada yang menolak, ya itu hak mereka. Kami tidak akan memaksa,” tukasnya.

Baca Juga :  Terapkan PPKM, Bandara Adi Soemarmo Tetap Berikan Layanan Terbaik

Ditambahkan Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, jadwal vaksinasi tersebut dimajukan dari jadwal sebelumnya yakni di pekan ketiga Januari 2021.

“Untuk proses pendataannya sudah selesai dilakukan karena kita menggunakan sistem tersentral di Kemenkes. Dan masing-masing penerima vaksin telah menerima short message service (SMS) blast,” terangnya. Prihatsari