JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Kecelakaan Truk Terguling di Tawangmangu, Diduga Rem Blong, Sopir Panik dan Banting Stir ke Kanan. Jari Tangan Patah!

Ipda Anggoro / Joglosemarnews - Beni Indra

IMG 20210122 WA0134
Ipda Anggoro / Joglosemarnews – Beni Indra

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kecelakaan truk  Nopol B 9650 KEU yang terguling di Jalan Magetan-Tawangmangu, Jumat (22/1/2021),  diduga terjadi lantaran  rem blong. Namun demikian,  berat tonase muatannya diduga tidak melampaui batas standar.

Hasil olah  TKP yang dilakukan Satlantas Polres Karanganyar menjelaskan, karena rem blong,  sopir truk sempat panik dan memilih banting stir ke kanan. Pasalnya di sisi  kanan terdapat ruang yang  luas di dekat  restoran, ditambah suasana yang masih sepi.

Baca Juga :  Menteri Pertanian Optimis, Naiknya Plafon Kredit Jadi Rp 70 Triliun Bisa Terserap Maksimal

KBO Satlantas Polres Karanganyar, Ipda Anggoro mewakili Kasatlantas, AKP Maulana Ozar mengatakan dari hasil penyelidikan sementara, diketahui penyebabnya adalah rem blong sehingga laju truk makin  kencang di  jalur menurun.

“Sopir panik karena rem blong sehingga pilih aman langsung banting kanan,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (22/1/2021).

Adapun sopir truk, Baskoro (51) warga Bogor mengalami luka patah jari tangan dan dibawa ke rumah sakit. Sedangkan muatan berupa air minum dalam kemasan yang berceceran, hingga Jumat siang masih menunggu kesepakatan pemilik barang dengan pembeli barang dari Solo.

Baca Juga :  Penyuntikan Vaksin Covid-19 untuk Lansia di Karanganyar Boleh Dipindah ke Balai Desa. Puskesmas Ungkap Masih Sedikit Yang Daftar, Ada Apa?

Anggoro berharap, kepada pengemudi kendaraan berat yang akan melintasi jalur Magetan-Tawangmangu sebaiknya mempertimbangkan ulang kelaikan kondisi kendaraan. Pasalnya medannya naik turun dan terkadang ada longsororan material dari bukit-bukit.

“Kondisi jalan anyar Magetan-Tawangmangu rawan apalagi setelah hujan licin,  berbahaya,” ungkapnya. Beni Indra