JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Keren, Mahasiswa Bahasa Inggris UMS Adiba Nikmatul Ulya Sabet Juara II Lomba Cipta Puisi Tingkat Nasional Piala Kemendikbud

Mahasiswa Prodi Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Adiba Nikmatul Ulya Suyanto. Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Puisi dengan judul, “Litani dan Toleransi” karya Mahasiswa Prodi Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Adiba Nikmatul Ulya Suyanto berhasil menyabet juara 2  Lomba Cipta Puisi Mahasiswa Tingkat Nasional Piala Kemendikbud 2020.

Adiba mengatakan, untuk sampai pada posisi itu menurutnya bukanlah hal yang mudah. Ia harus bersaing dengan 712 peserta dari berbagai kampus di Indonesia untuk menjadi juara. Lomba penulisan puisi piala Mendikbud ini mengambil tema “Budaya Toleransi di Tengah Pandemi Covid 19”.

“Lombanya diadakan secara online, peserta mengirimkan karyanya kepada pihak panitia. Selanjutnya baru dilakukan penjurian,” paparnya, Rabu (6/1/2021).

Dewan juri pada lomba cipta puisi tersebut tiga orang yaitu Dirjen Kebudayaan, Hilmar Faris. Kedua, Seniman Rieke Dyah Pitaloka, serta Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Agustina Wilujeng Pramestuti.

“Kemarin kan baru juara 2, semoga jika ada kesempatan lagi saya ingin bisa meraih juara pertama. Saya akan berusaha mempersiapkan dengan lebih baik,” imbuhnya.

Sementara itu untuk juara 1 diraih mahasiswa dari Undip Semarang dan juara 3 dari mahasiswa dari Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Masing-masing juara mendapatkan hadiah Rp 10 juta (juara 1), Rp 7 juta (juara 2), dan Rp 3 juta (juara 3).

Saat penjurian, Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Dr. Hilman Farid menyatakan karya-karya yang masuk secara estetis sudah menunjukkan kualitas untuk berlaga di kancah nasional.

“Kami harus membaca detail tiap puisi untuk mendapatkan juara, karena kualitas puisi yang nyaris merata,” ujar Hilmar. Prihatsari