JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

2 Mahasiswa FIB UNS Raih Juara 2 Lomba Videografi Nasional IYLS 2020

Bayu Aji Prasetya dan Jahabidz Marha Shoffiyah Al-Afiah dari Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNS. Humas UNS

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Dua mahasiswa Universitas Sebelas maret (UNS) Solo kembali torehkan prestasi di tingkat nasional. Mereka yaitu Bayu Aji Prasetya dan Jahabidz Marha Shoffiyah Al-Afiah dari Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNS.

Bayu dan Jahabidz berhasil meraih Juara 2 Lomba Videografi Tingkat Nasional Indonesia Young Leader Summit (IYLS) yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) PIK-R Cakra UNS pada November 2020.

Dalam kompetisi yang mengusung tema Peran Pemuda dalam Mencegah Kekerasan Seksual dan Perundungan ini, mereka membawakan cerita mengenai cat calling dan perundungan yang sering terjadi di sekitar masyarakat. Jahabidz atau yang akrab disapa Alfi memaparkan dalam video tersebut mereka ingin menyampaikan pesan sederhana yaitu bahwa kekerasan seksual itu ada dan sering terjadi tanpa disadari.

“Seksisme masih sering kita temui di sekitar kita, kadang melalui candaan-candaan yang seringkali tidak sadar kita lontarkan ke orang lain. Jadi, kami mengangkat konsep dan tema ambil dari sekitar kita. Sesederhana cat calling misalnya atau juga komentar-komentar negatif yang mengarah ke hal-hal seksual sehingga bisa juga mempengaruhi keadaan seseorang,” jelas Alfi, Selasa (19/1/2021).

Bayu dan Alfi yang saat ini duduk di semester 9 tersebut membuat sendiri skenario yang direalisasikan dalam video berdurasi 6 menit 24 detik. Persiapan yang mereka lakukan juga cukup mendadak karena harus menyiapkan skenario, naskah, mengedit video sendiri sehingga melakukan proses pengambilan video sendiri tanpa bantuan orang lain.

Namun, hasil jerih payah tersebut terbayar dengan indah setelah mereka mendapati karyanya meraih juara 2 mengungguli karya-karya dari perguruan tinggi lain.

“Alhamdulillah, kami senang karena bisa dapat juara 2 padahal saingannya bagus-bagus banget. Terlebih, persiapan yang kami lakukan sebenarnya kurang maksimal tapi hasilnya benar-benar di luar ekspektasi,” imbuh Alfi. Prihatsari