JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

PPKM Solo Diperpanjang Sampai 8 Februari, Rudy Akui Belum Efektif Tekan Sebaran Covid-19

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo. Dok
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pemkot Solo memutuskan untuk memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dua pekan ke depan mulai Selasa (26/1/2021) ini. Namun demikian, Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengakui PPKM belum efektif menekan penyebaran covid-19 di Kota Bengawan.

Menurut Rudy, efektif atau belumnya penerapan PPKM di Solo untuk menekan angka penyebaran covid-19 dapat diketahui setelah dilakukan evaluasi untuk PPKM yang telah diterapkan dua pekan sebelumnya.

Baca Juga :  BPKH Berangkatkan 960 Pemudik Asal Solo "Balik Kerja" Gratis

“Kalau secara angka memang belum efektif ya. Belum bisa kita lihat juga sekarang, nanti kalau sudah dievaluasi baru bisa,” terangnya, Selasa (26/1/2021).

Rudy menyebutkan, hasil tes swab pada tracing kasus baru covid-19 di hari terakhir PPKM tahap pertama baru dilakukan Senin (25/1/2021). Dan hasil tes swab pada kontak erat ataupun kontak dekat pasien covid-19 belum keluar.

Sebelumnya, Rudy secara resmi memperpanjang penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mulai 26 Januari 2021 hingga 8 Februari 2021. Dalam penerapannya, Rudy menegaskan bahwa pembatasan bukan berarti pelarangan.

Baca Juga :  Catering di Solo Kena Tipu Hampir Rp 1 Miliar, Makanan Sempat Diantar ke Masjid Sheikh Zayed untuk Sahur Bersama

Terkait itu, Rudy mengaku bersiap melakukan sejumlah perubahan atau revisi pada regulasi PPKM melalui surat edaran (SE) yang akan diberlakukan Selasa ini.

“Pelonggaran diantaranya bagi pedagang di pasar tumpah, diperbolehkan. Sebelumnya kan dilarang, mulai besok diperbolehkan namun dengan syarat wajib menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Kalau terdapat satu saja pedagang yang melanggar, maka semua akan ditutup,” tukasnya. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com