JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

PSBB Wonogiri, Semua Obyek Wisata dan Alun alun Giri Krida Bakti Wonogiri Diperpanjang Penutupannya Hingga Tanggal 25 Januari 2021

Pantai Kalimirah di Kecamatan Paranggupito Wonogiri. JSNews. Aris Arianto

IMG 20201028 WA0064
Pantai Kalimirah di Kecamatan Paranggupito Wonogiri. JSNews. Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Tidak hanya aturan seputar kegiatan usaha, kantor, sekolah, maupun kegiatan keagamaan yang diatur dalam penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) alias pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Kegiatan pariwisata ikut diatur khususnya di wilayah Wonogiri.

Sebelumnya, Pemkab Wonogiri menutup semua obyek wisata selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Kemudian lantaran perkembangan COVID-19, penutupan diperpanjang hingga tanggal 17 Januari 2021. Selain obyek wisata, Alun alun Giri Krida Bakti Wonogiri ikut ditutup.

“Prinsip dasarnya adalah SE (Surat Edaran) Kemendagri kemudian kita lanjuti lalu lahirlah SE Bupati. Kebijakan ini adalah representasi instruksi dari pemerintah pusat,” ujar Bupati Wonogiri Joko Sutopo kepada wartawan, Senin (11/1/2020).

Baca Juga :  Fenomena Cleret Tahun atau Puting Beliung alias Waterspout di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri Dipastikan Tidak Menimbulkan Kerugian, Tak Ada Pula Kematian Ikan

Pihaknya telah mengeluarkan SE Bupati Wonogiri Nomor 443.2/016 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Wonogiri. Sejumlah aturan tercantum di dalamnya.

Khusus obyek wisata saat ini masih ditutup. Perpanjangan penutupan sampai tanggal 25 Januari 2021, atau sampai berakhirnya PSBB. Demikian pula untuk penutupan Alun alun Giri Krida Bakti Wonogiri.

“Kegiatan PKL sekitar Alun-alun Giri Krida Bakti ditutup hingga 25 Januari,” sebut Bupati.

Untuk kegiatan usaha, jam operasional PKL adalah sampai pukul 22.00 WIB. Jam operasional tempat hiburan seperti kafe, karaoke maksimal pukul 22.00 WIB.

Baca Juga :  Info Lur, Semua Tempat Wisata dan Alun alun Giri Krida Bakti Wonogiri Tetap Ditutup Hingga 8 Februari 2021

Jam operasional toko modern, seperti mal atau pusat perbelanjaan maksimal pukul 19.00 WIB.

Selanjutnya kegiatan restoran atau rumah makan, jam operasionalnya maksimal pukul 22.00 WIB. Restoran boleh melayani makan di tempat dengan ketentuan maksimal 25 persen kapasitas tempat duduk.

Apabila ditemukan adanya dugaan tidak kepatuhan penerapan ketentan dalam aturan itu, bupati memberikan pembinaan, peringatan, dan atau penyegelan sementara. Peringatan DNA atau penyegelan dapat dicabut jika pelaku usaha yang bersangkutan menerapkan kembali protokol kesehatan sesuai aturan tersebut.

Ketentuan tersebut berlaku sejak 11 Januari hingga 25 Januari 2021. Aria