JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Sambut Kepulangan Baasyir, Aparat Gabungan TNI/Polri Lakukan Patroli  Berulangkali di Kawasan Ngruki dengan Bersenjata Lengkap dan Panser

Aparat Gabungan TNI-Polri Lakukan Patroli  Berulangkali di Kawasan Ngruki dengan Bersenjata Lengkap dan Panser

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM Petugas gabungan TNI/Polri melakukan patoril intensif berulangkali mengitari kawasan seputaran Pesantren Al Mukmin  Ngruki, Sukoharjo saat kepulangan Abu Bakar Ba’asyir, Jumat (8/1/2021).

Tim patroli TNI Polri mengaku kegiatan yang dilakukan adalah menggelar operasi yustisi.

Kapolres Sukoharjo, AKBP Bambang Yugo Pamungkas mengatakan, patroli tersebut merupakan bagian dari operasi yustisi yang dilakukan oleh tim Satgas Covid-19. Terlebih berkaitan dengan kepulangan Abu Bakar Ba’asyir yang notabene merupakan tokoh ulama dengan banyak pengikut, operasi dilakukan untuk mencegah terjadinya kerumunan.

“Tidak ada pengamanan khusus dari Polres Sukoharjo secara spesifik yang dipusatkan dalam satu titik. Hanya saja sesuai dengan kesepakatan, pengamanan dilakukan bersama dengan petugas Satgas Covid-19 lainnya meliputi Satpol PP, Dinkes Sukoharjo, TNI dan Polri untuk mencegah kerumunan terjadi,” paparnya, Jumat (8/1/2021).

Baca Juga :  Hotel di Jateng Tolak Perpanjangan PPKM. Bikin Hotel Makin Terpuruk karena Hunian Anjlok, Kegiatan Batal

Sebelumnya, pihak keluarga Abu Bakar Ba’asyir juga memastikan tidak ada seremonial sambutan saat kepulangan pengasuh Ponpes Al Mukmin Ngruki tersebut. Sementara itu, pihak Ponpes Al Mukmin Ngruki juga memutuskan untuk menambah personel pengamanan yang dilakukan secara swakarsa.

Jubir Ponpes Al Mukmin Ngruki, Endro Sudarsono mengatakan, penambahan pengamanan telah ditambah sejak Kamis (7/1/2021) malam di beberapa titik di kawasan Ponpes. Awalnya, pihak Ponpes mengerahkan 30 personel pengamanan. Kini ditambah menjadi 100 orang personel pengamanan.

Baca Juga :  Lokasi untuk Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Benteng Vasternberg Solo Jadi Sarang Ular. Saat Bersih-bersih Ditemukan Belasan Ekor

“Pengamanan ditambah sudah sejak tadi malam. Personel pengamanan baik dari ponpes, alumni dan Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS),” paparnya, Jumat (8/1/2021).

Pengamanan swakarsa dari pihak Ponpes dilakukan pada sekitar Ponpes khususnya di pintu gerbang Utara, selatan dan barat. Menurut Endro, Abu Bakar Ba’asyir keluar dari Lapas Gunung Sindur Bogor sekitar pukul 05.24 WIB. Abu Bakar Ba’asyir bersama rombongan diperkirakan tiba di Ponpes sekitar pukul 14.00 WIB setelah melakukan perjalanan sekitar delapan jam.

“Kita tidak ada sambutan khusus. Begitu tiba, Ustadz langsung masuk dan tidak menemui tamu siapapun,” tukasnya.

Prihatsari